Besok vaksinasi tahap kedua Riau, pejabat hingga wartawan jadi target

id vaksin covid,vaksin wartawan

Besok vaksinasi tahap kedua Riau, pejabat hingga wartawan jadi target

Ilustrasi vaksin.(Arsip Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mulai Senin (1/3/2021) akan kembali memulai vaksinasi COVID-19 tahap kedua dengan kelompok masyarakat yang akan mendapat sasaran vaksinasi adalah sebanyak1.500 orang, termasuk para wartawan.

"Ya Insya Allah hari Senin depan kita mulai vaksinasi tahap kedua bagi petugas publik. Jadi nanti kita laksanakan di Gelanggang Olah Raga Remaja untuk vaksin tahap tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Minggu.

Adapun kelompok masyarakat yang akan divaksin diantaranya Aparatur Sipil Negara, tenaga pendidik, pedagang pasar, pejabat negara, keamanan, atlet dan wartawan. Semuanyasudah terdaftar melalui data yang telah dikirimkan.

Dijelaskan Mimi, vaksinasi tahap kedua ini akan dilaksanakan sama dengan vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan. Setelah divaksin pertama selanjutnya divaksin tahap kedua, namun harus melalui proses cek kesehatan. Jika memenuhi syarat dilanjutkan penyuntikan vaksin.

“Yah sebelum divaksin sama prosesnya, cek kesehatan, menyerahkan biodata lengkap. Vaksinasi dilakukan dua tahap, penyuntikan tahap pertama dan kedua setelah 14 hari. Alhamdulillah untuk nakes semua berjalan lancar dan aman,” kata Mimi.

Sementara itu, bagi lansia yang akan mendapatkan prioritas pertama untuk divaksin tahap kedua, Mimi menjelaskan, bagi lansia tetap akan dilaksanakan vaksinasi. Namun data penerima vaksinnya diserahkan ke Kota Pekanbaru sebagai tempat pendaftaran.

“Untuk lansia belum sekarang masih didata. Yang lansia diserahkan ke Kota Pekanbaru dan akan dilaksanakan vaksinasi di Rumah Sakit. Tetap akan dijalankan proses vaksinasi sesuai aturan bagi lansia,” kata Mimi.