82 persen nakes Pekanbaru sudah divaksin sisanya tuntas pekan ini

id vaksinasi covid 19,covid pekanbaru,vaksin sinovac,berita riau antara,berita riau terbaru

82 persen nakes Pekanbaru sudah divaksin sisanya tuntas pekan ini

Wako Pekanbaru Firdaus MT saat diperiksa sebelum di vaksin Sinovac kategori lansia (ANTARA/HO-Humas Pemko Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat realisasi vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan (Nakes) setempat sudah mencapai 82 persen dari total sekitar 12.000 lebih.

"Dari 12.000 tenaga kesehatan Pekanbaru, sudah lebih 9. 000 tervaksin atau 82 persen," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih di Pekanbaru, Rabu.

Zaini mengatakan, jumlah tenaga kesehatan Pekanbaru yang sudah mendaftar untuk menerima vaksin berjumlah 11.260 orang dari perkiraan total 14.674 nakes.

Namun setelah dihitung secara manual bertambah sekitar 12.000 lebih tenaga kesehatan.

"Dari 14.674 tenaga kesehatan yang ada di Pekanbaru, ada 4.100 tenaga kesehatan yang tidak bisa menjalankan vaksinasi karena termasuk dalam kategori penyintas COVID-19 dan juga Komorbid atau 14 macam item penyakit," katanya.

Hal ini akan menjadi perhatian Diskes, karena memang dengan jumlah 4.000 lebih ini juga menimbulkan tanda tanya.

"Kemarin kami sudah memerintahkan anggota untuk meminta data rincian Komorbid di masing-masing fasilitas kesehatan yang ada berdasarkan kategori dokter dan perawat," ungkapnya.

Sehingga Diskes Pekanbaru menargetkan akhir Februari 2021 akan menuntaskan vaksinasi seluruh tenaga kesehatan, baik yang ada di fasilitas pemerintah maupun swasta.

"Lebih kurang 1.100 tenaga kesehatan yang belum menjalani vaksin, alasan macam-macam. Ada yang terkendala kesehatan dan lainnya, target kami satu sampai dua hari ini 1.100 tenaga kesehatan yang belum divaksin selesai menjalani vaksinasi," tukasnya.

Baca juga: Wakil Presiden Ma'ruf Amin disuntik vaksin COVID-19 Sinovac

Baca juga: BPOM keluarkan izin guna darurat vaksin COVID-19 produksi oleh Bio Farma

Baca juga: Bio Farma jalin kerja sama dengan perbankan terkait stok vaksin COVID-19