Lalaikan keselamatan kerja, Pengelola Citimall Dumai tegur kontraktor

id Citimall Dumai, Disnaker Dumai,Citimall, k3

Lalaikan keselamatan kerja, Pengelola Citimall Dumai tegur kontraktor

Terlihat pekerja proyek Citimall Dumai di ketinggian, diduga tanpa alat safety. (ANTARA/HO)

Dumai (ANTARA) - Pengelola Citimall Dumai diduga lalai dan tidak konsisten menjalankan faktor keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam kegiatan proyek penambahan estetika dari ketinggian dengan pekerja tanpa alat pengamanan.

Humas Citimall Dumai Fajar mengatakan, pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor mengabaikan K3 itu sudah ditegur oleh manajemen Citimall.

Fajar juga mengaku berterimakasih dengan informasi diterima, dan manajemen langsung menegur kontraktor yang mengerjakan pekerjaan.

"Pekerjaan ini dilakukan oleh kontraktor. Kami sudah melakukan teguran kepada kontraktor," kata Fajar, Jumat.

Sementara Pelaksana tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja Dumai Parulian mengatakan bahwa setiap temuan pelanggaran K3 dikoordinasikan dengan PNS Pengawas Tenaga Kerja Disnaker Provinsi Riau.

"Kalau ada laporan kami teruskan ke pegawai Wasnaker Provinsi Riau dan Disnaker Dumai hanya sebatas koordinasi sesuai peraturan berlaku," kata Parulian.

Sebelumnya, Citimall Dumai diresmikan pembukaan oleh Walikota Dumai Zulkifli AS pada 20 Desember 2019 lalu, dengan bangunan tiga lantai, berdiri di atas lahan sewa seluas 14.446 M2 di Jalan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Barat.

Walikota Dumai Zulkifli AS saat itu menyebut bahwa kepercayaan investasi semakin meningkat, baik dari sisi ekonomi, keamanan serta dukungan masyarakat dalam memberikan rasa aman, sehingga bisa berkontribusi pendapatan daerah dan menyerap tenaga kerja.

"Kita harap bisa memberikan kemudahan bagi pengusaha lokal, baik kuliner maupun kerajinan dan keterampilan daerah bisa manfaatkan mall ini untuk pemasaran produk, dan saya yakin pergerakan ekonomi akan maju dan berkembang pesat," kata Wako.

Head of Operating Properties NWP Retail, perusahaan induk pengelola Citimall Dumai Teges Prita Soraya menjelaskan, Citimall Dumai merupakan mall ke-11 yang menggunakan brand Citimall, setelah Citimall Sampit, Ketapang, Kuala Kapuas, Pangkalanbun, Sukabumi, Cianjur, Baturaja, Lahat, Prabumulih, dan Gorontalo.

"Kami bersyukur sudah bisa membuka Citimall Dumai, yang merupakan pusat perbelanjaan ke-17 yang dioperasikan," kata Teges.

Baca juga: Mall Pertama di Dumai resmi dibuka, Ini kata Walikota