IZI Riau - YBM PLN P3BS Latih 24 tunanetra terampil bekam

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

IZI Riau - YBM PLN P3BS Latih 24 tunanetra terampil bekam

Terapi bekam dan totok punggung (Frislidia/Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Provinsi Riau bersama Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Sumatera (P3BS) melatih sebanyak 24 tunanetra trampil dalam melakukan terapi bekam dan totok punggung agar mereka menjadi lebih produktif.

"Pelatihan ini bertujuan juga untuk lebih memaksimalkan potensi para tuna netra yang berprofesi tukang pijit di Pekanbaru," kata Faisal Abdul Aziz sebagai perwakilan YBM PLN P3BS di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, pelatihan yang digelar pada 1 dan 2 Februari 2021 di Pekanbaru ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi dari IZI Riau untuk kaum dhuafa di Pekanbaru bersama YBM PLN Unit Induk P3BS.

Acara yang disaksikan ketua perwakilan IZI Riau, perwakilan YBM PLN P3BS, itu mendatangkan pelatih bekam dan pelatih totok punggung dari Jakarta yaitu Ustadz Abdurrahman.

Faisal mengatakan dengan adanya program pelatihan ini dapat membantu para penerima manfaat dan juga mampu membantu pemerintah.

"Alhamdulillah program pelatihan ini sangat efektif, selain mengasah skill juga melatih mereka untuk semakin lebih mandiri. Dengan menolong mereka, kita juga membantu pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat dan semoga para penerima manfaat bisa menjadi muzakki sesuai dengan visi misi YBM," katanya.

Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Supratman menyampaikan rasa terima kasih kepada IZI Riau, karena telah memberikan kesempatan kepada para tunanetra yang sebelumnya sudah memiliki keterampilan pijat, sehingga bisa mengasah kemampuan dan menambah pendapatan keluarga mereka.

Agus (38) salah satu penerima manfaat program pelatihan totok dan bekam ini mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya program ini.

"Alhamdulillah, terimakasih kasih saya ucapkan kepada semua donatur Laznas IZI Riau dan YBM PLN P3BS yg sudah memberikan kesempatan untuk saya dan peserta yang lain untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini, dan terimakasih juga pada ustadz Abdurrahman sebagai pelatih yang banyak mengajarkan dan memberikan ilmu kepada kami. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan para donatur dan pelatih," katanya.

Terapi bekam terbukti mampu membantu melancarkan peredaran darah. Penyedotan darah kotor berdampak meningkatkan aliran darah sehingga membuat pembuluh menjadi lebih kuat.

T.F011/B/H011/H011