Mahasiswa KKN UNRI tanam serai wangi dengan konsep "Urban Farming" di Tangkerang Selatan

id Kkn unri, unri, kkn

Mahasiswa KKN UNRI tanam serai wangi dengan konsep "Urban Farming" di Tangkerang Selatan

Kegiatan KKN UNRI di Tangkerang Selatan.(ANTARA/HO-KKN Mahasiswa UNRI)

Pekanbaru (ANTARA) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Duta Perubahan Universitas Riau 2020 di

Kelurahan Tangkerang Selatan, SelatanKecamatan Bukit Raya, KotaPekanbaru melaksanakan penanaman Serai Wangi dengan Konsep Urban Farming.

Ketua pelaksana, Rizky Frans Nainggolan menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa "Urban Farming". Bahwa tidak harus di desa atau membutuhkan lahan luas untuk melakukan penanaman atau bercocok tanam.

"Ini juga memberi pengetahuan kepada masyarakat bahwa terdapat banyak manfaat pada tanaman apotek serai wangi," katanya pada kegiatan yang dilaksanakan padaSelasa (29/12/2020) lalu.

Kegiatan dimulai dengan bersilaturahmi dengan Ketua RT 005, Ketua RW 006, Lurah Tangkerang Selatan dan Camat Bukit Raya. Setelah itu baru dilanjutkan dengan pengecekan lahan untuk penanaman serai wangi.

Awalnya tim KKN Duta Perubahan UNRI 2020 ini melakukan kerjasama dengan pihak warga Kelurahan Tangkerang Selatan. Kemudian pihak warga memilih Jalan Sahabat Sari untuk dilakukan survei lahan serta penanaman Sereh Wangi.

Itu karena dusun ini dinilai masih banyak warga yang belum mengetahui berbagai manfaat dari sereh wangi dan kurangnya pengetahuan mengenai Urban Farming. Selain bernilai ekonomis, sereh wangi juga dapat digunakan sebagai alternatif tanaman apotik seperti minyak serai yang bermanfaat untuk pereda nyeri, melancarkan peredaran darah, pengusir nyamuk dan masih banyak lainnya.

Konsep Urban Farming bertujuan untuk memanfaatkan lahan di kota untuk penghijauan kota. Serai wangi yang ditanam pada lahan seluas 6 x 6 meter ini sebanyak 100 bibit serai wangi.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari Ketua RT 005. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan KKN ini, karena bisa membangkitkan semangat masyarakat untuk menghijaukan kota tanpa harus membutuhkan lahan yang luas " ujar Ketua RT 005