PUPR Pekanbaru temukan 375 titik rawan banjir dari masterplan disusun

id Pupr,Banjir pekanbaru, pekanbaru

PUPR Pekanbaru temukan 375 titik rawan banjir dari masterplan disusun

Kadis PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution. (ANTARA/HO-Pemkot)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Pekanbaru berhasil mendata 375 titik rawan banjir yang jadi penyebab tergenangnya beberapa wilayah saat hujan.

"Kami sudah merampungkan masterplan pengendalian banjir Kota Pekanbaru, di dalamnya ditemukan sebanyak 375 titik rawan banjir," kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution di Pekanbaru, Kamis.

Indra mengatakan banyaknya titik rawan banjir di Pekanbaru diakibatkan drainase di sekitar lokasi tersebut yang tidak berfungsi dengan baik.

Ia mengungkapkan DinasPUPR juga sudah memiliki catatan data diameter drainase dan cara untuk menangani masalah di masing-masing titik masalah banjir tersebut.

"375 titik yang rawan banjir itu tersebar hampir merata di 12 kecamatan," katanya.

Selanjutnya, untuk mengatasi perlu dilakukan perbaikan tentu butuh anggaran besar, sehingga Dinas PUPRsudah menginventarisir dan menyesuaikan dengan keuangan daerah.

Akibat keterbatasan anggaran akan disikapi dengan skala prioritas, atau terbagi dalam jangka waktu pendek, jangka waktu menengah dan jangka waktu panjang.

"Yang ditangani cepat, misalnya yang tersumbat. Ada juga yang membutuhkan perencanaan terlebih dahulu," pungkasnya.

Baca juga: Pekanbaru petakan drainase dan anak sungai untuk kendalikan banjir

Baca juga: Pemkot Pekanbaru siagakan puluhan petugas hadapi potensi banjir