Simulasi pemberian vaksin COVID-19 di Puskesmas Abiansemal kerahkan 50 orang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,vaksin

Simulasi pemberian vaksin COVID-19 di Puskesmas Abiansemal kerahkan 50 orang

Ilustrasi - Vaksin COVID.Ilustrasi (ANTARA)

Badung (ANTARA) - Puskesmas Abiansemal I, Desa Blahkiuh, Kabupaten Badung, Bali, mengerahkan 50 orang, baik tenaga kesehatan maupun non-tenaga kesehatan dalam simulasi pemberian vaksin COVID-19.

"Untuk tenaga kesehatan kurang lebih 50 orang (yang bertugas nanti), itu terdiri dari dokter, perawat, bidan, dan non-tenaga kesehatan juga ada," kata Kepala UPT Puskesmas Abiansemal I, Desa Blahkiuh, drg I Nyoman Rai Sukadani saat dihubungi melalui telepon di Denpasar, Jumat.

Baca juga: Ketua MPR Bambang Soesatyo dukung TNI-Polri terlibat aktif vaksinasi COVID-19

Ia mengatakan secara umum Puskesmas Abiansemal I siap sebagai tempat pelaksanaan simulasi vaksinasi COVID-19. Kesiapannya mulai dari mempersiapkan SDM, sarana prasarana, dan alur pelaksanaan simulasi.

Fasilitas yang juga telah dipersiapkan, yaitu meja, kursi, alat tulis yang steril dan disemprot desinfektan, kemudian alat untuk vaksinasi, tempat cuci tangan, dan penyanitasi tangan.

Dalam simulasi COVID-19, ada dua ruangan yang dipergunakan dan kemudian akan ditambah dengan meja dan kursi pada bagian depan ruangan jika diperlukan.

Terkait dengan pihak yang menjadi prioritas pemberian vaksin COVID-19, ia mengatakan masih menunggu arahan Kementerian Kesehatan.

"Nanti akan diinfo lebih lanjut dari Kemenkes," ucapnya.

Ia mengatakan tata cara pemberian vaksin COVID-19 dapat dipastikan setelah simulasi dilakukan, sedangkan untuk jadwal penerimaan vaksin dari pusat, belum diterima.

"Iya belum (jadwal penerimaan vaksin, red.)," kata Nyoman Rai.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung dr I Nyoman Gunarta mengatakan untuk penerapan vaksin di Bali saat ini belum dilakukan.

Hal itu dikarenakan menunggu secara nasional, namun rencana simulasi tetap akan dilakukan di Puskesmas Abiansemal 1, kemudian di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, dan di Rumah Sakit Leimenna Ambon.

Untuk wilayah Bali, telah ditetapkan Puskesmas Abiansemal I untuk menjadi lokasi pelaksanaan imunisasi vaksin COVID-19 sesuai yang dirancang oleh Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin tinjau simulasi vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Cikarang

Baca juga: Luhut: Vaksinasi COVID-19 akan dimulai pada minggu ketiga Desember


Pewarta : Ayu Khania Pranishita
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar