Anak kuli bangunan di Meranti lolos jadi Polri

id polres meranti, polres kepulauan meranti,polda riau, anak pemuluing

Anak kuli bangunan di Meranti lolos jadi Polri

Rizki Azizul. (ANTARA/HO-Polres Meranti)

 Pekanbaru (ANTARA) - Rizki Azizul, warga Desa Mengkikip, Kecamatan Tebingtinggi Barat, KabupatenKepulauan Meranti lolos menjadi seorang anggota Polri tahun 2020.

Anak kelahiran 25 Februari 2002 ini merupakan anak kuli bangunan. Dia dibesarkan oleh sang ayah bernama Tajuddin (52) dan ibunya Farida (50).Rizki Azizul memiliki saudara bernama Eva Yulianti, Nurhayati, Osi Della Puspita, dan M Ridho.

Anak ke empat dari Tajuddin dan Farida ini lulus bersama limarekannya dari kabupaten yang sama yakni, M Refai warga jalan Pelabuhan Selatpanjang, Budi Wijaya Aldiano warga jalan Diponegoro, Muhammad Asyrofi warga Alahair, Gunawan Siswanto warga warga Kedabu Rapat, dan Firman Afandi warga desa Bantar Kecamatan Rangsang Barat.

"Dari 34 putra-putri asal Meranti dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan kepolisian di Sekolah Polisi Negara Polda Riau ada enam orang, di antaranya Rizki Azizul anak dari buruh bangunan asal desa Mengkikip," kata Kapolres Meranti AKBP Eko Wimpiyanto SIK melalui Paur Bankum Subbag Hukum Bag Sumda Polres Meranti Ipda Jimmy, saat dikonfirmasi, Selasa.

Diakui Jimmy,Rizki Azizul anak kurang mampu ini ikut tes di Polda Riau sejak bulan Agustus 2020. Pada Jumat (13/11) telah dilaksanakan pengumuman kelulusan untuk mengikuti pendidikan Bintara Polri oleh Polda Riau.

"Memang anak ini dari keluarga kurang mampu, bahkan rumah mereka jauh ke dalam dari jalan. Namun, anak ini punya tekat yang kuat. Dia mengikuti tes pertama Polri dengan sistem Bersih Transparan dan Humanis (Betah), dan Alhamdulillah lulus," ujar Jimmy.

Dari rilis data Bidang Humas Polda Riau, hasil kelulusan akhir Panda Polda Riau yang berjumlah 317 orang meliputi pria 266 orang dan wanita 51 orang. Sementara lulus terpilih sebanyak 292 meliputi pria 266 orang dan wanita 26 orang. Sedangkan lulus tidak terpilih sebanyak 25 orang.

Baca juga: Dua anak suku Talang Mamak Inhu jadi bintara polisi

Dari kelulusan tersebut dibagi kriterianya Bintara Polisi Tugas Umum berjumlah 213 Orang (Pria 195 dan Wanita 18), Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) berjumlah 51 Orang dinyatakan lulus semua diantaranya Bakomsus Polair 2 orang, TI 41 orang, Penyidik 2 orang, Agama 3 orang, Tata Boga 2 orang, Olahraga 1 orang, serta Bintara Rekrutmen Profesional berjumlah 28 Orang (pria 20 orang dan wanita 8 orang).

Selanjutnya mereka akan diserahkan ke pihak Sekolah Polisi Negara hari Minggu (15/11) untuk persiapan mengikuti pendidikan.

Kapolda Riau Irjen Agung secara khusus mengucapkan selamat kepada para peserta yang dinyatakan lulus dan memberikan arahan pertama bagi peserta dan pesan bagi para orang tua/ keluarga.

“Saya ucapkan selamat atas kelulusan bintara Polri, Saya membuktikan seleksi ini transparan, tanpa sogok menyogok, peserta yang dari jalur khusus menampilkan keahlian meyakinkan saya bahwa rekrutmen transparan dan semoga hasil seleksi menjadi insan Bhayangkara yang baik”, ujar Kapolda.

Baca juga: Anak tukang becak ini berhasil jadi polisi
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar