Masih pandemi, BAZNAS Siak salurkan zakat Rp167,7 juta di Dayun

id Zakat siak, baznas siak

Masih pandemi, BAZNAS Siak salurkan zakat Rp167,7 juta di Dayun

Bantuan diserahkan oleh Pjs Bupati Siak (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak menyalurkan dana zakat konsumtif sebesar Rp167.730.000 bertempat di Masjid Baiturohman, Kampung Pangkalan Makmur, Kecamatan Dayun.

"Biasanya dana zakat ini kami bagikan ke masyarakat 30 persen untuk konsumtif dan 70 persen pola produktif, tapi karena COVID-19 jadi lebih banyak yang konsumtif," kata Ketua Baznas Siak M Rasyid Suharto

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan dengan rincian beras 10 kilogram dan uang tunai Rp300 ribu. Kemudian ada produk dari Mustahiq yang produktif berupa lele siap goreng (lesgo) 1 kg dan ayam kampung setengah kilo.

Selain itu ada voucher belanja sebesar 200 ribu rupiah di warung yang sudah ditunjuk oleh unit pengumpul zakat kecamatan. Jadi totalnya sebesar Rp650.000.

Lebih lanjut Rasyid menuturkan, beras bantuan itu dibeli dari para petani di Kabupaten Siak selama satu tahun sebanyak 250 ton. Selain diberikan ke mustahiq, juga untuk mengisi ATM beras yang ada di Masjid-masjid kecamatan.

Dalam kurun 1 tahun ini pihak Baznas, lanjutnya juga telah membangun rumah layak huni sebanyak 17 unit. Ditambah dengan rumah yang dibangun kelanjutan dari program tahun 2019 sudah 27 rumah.

Sementara untuk bantuan listrik telah dipasang sebanyak 200 Kepala Keluarga, dan akan dipasang lagi sebanyak 180. Baznas juga ada program pemasangan listrik gratis di Teluk Lanus, yang berjumlah 130 KK.

"Alhamdulillah untuk Teluk Lanus dapat subsidi dari PLN, yang tadinya 900 ribu kita cuma membayar 450 ribu, yang akan diselesaikan pada bulan Desember," imbuhnya.

Baca juga: Bupati Siak serahkan bantuan baznas pada masyarakat terdampak COVID-19 di Kotogasib

Baca juga: Salurkan zakat kepada 361 kaum dhuafa, Alfedri ingatkan protokol kesehatan COVID-19