Pemkab apresiasi Gerakan Masyarakat Siak Berzakat sudah digelar 10 tahun

id Siak, pemkab, zakat

Pemkab apresiasi Gerakan Masyarakat Siak Berzakat sudah digelar 10 tahun

Penyerahan zakat kepada mustahik pada acara Gemar Siak Berzakat. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Wakil Bupati SiakHusni Merza menghadiri Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat ke-10 di Masjid Sultan Syarif Hasyim atau yang dikenal dengan Islamic Center Siak, Rabu (5/4)) beserta Sekretaris Daerah, Arfan Usman.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak untuk tingkat Kabupaten Siak. Sebelumnya, sudah digelar juga acara Gemar Siak Berzakat di 14 kecamatan di Kabupaten Siak.

"Kami mengapresiasi Baznas Siak rutin melakukan acara gemar berzakat, terimakasih kepada para muzakki," kata Husni.

Kepala Baznas Siak, Samparis Bin Tatan menyatakan Gemar Siak berzakat sudah dilaksanakan di kecamatan. Saat ini sudah sampai di tingkat kabupaten dilaksanakan di Kecamatan Siak.

"Ini sudah 10 tahun, dan selama sembilan tahun sudah terkumpul Rp19 miliar. Tahun kemarin di sini berhasil dikumpulkan Rp800 juta selama bulan puasa acara gemar, berzakat," ucapnya.

Dalam kesempatan itu turut hadir juga perwakilan Baznas Riau yang mengagumi Baznas Siak sebagai pengumpul zakat tertinggi di Provinsi Riau. Bahkan sebelumnya Baznas Riau kalah oleh Siak sebelum disalip pada tahun 2022 lalu.

"Siak nomor satu di antara kabupaten/kota di Riau, tahun lalu berhasil kumpulkan Rp23 miliar. Baznas provinsi tahun 2022 sudah bisa menyalip Siak dengan jumlah pengumpulan zakat Rp39 miliar," ungkapnya.

Hal ini lanjutnya tak lepas dari dukungan pemerintah daerah dalam hal ini bupati wakil bupati. Karena mendukung melalui payroll sistem atau gaji yang sudah terpotong langsung untuk zakat.

"Kami provinsi belajar ke Siak untuk itu, untuk gaji sudah ada sistem zakat, tapi untuk tambahan penghasilan pegawai belum, yang baru menggunakan di Sumatera dua yakni Kota Palembang, Sumatera Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat," sebutnya. (Adv)