KPU mulai distribusikan logistik Pilkada sesuai prokes COVID-19

id Logistik covid,Kpu riau, pilkada riau

KPU mulai distribusikan logistik Pilkada sesuai prokes COVID-19

Komisioner KPU Provinsi Riau Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Sabtu (14/11). (Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mulai mendistribusikan logistik protokoler COVID-19, untuk keperluan petugas dan warga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di sembilan kabupaten/kota setempat.

"Saat ini logistik COVID-19 sudah mulai didistribusikan ke beberapa daerah, berupa masker, sarung tangan, face shield, sabun cuci tangan, hand sanitizer, thermogun dan sarana prasarana lainnya," kata Komisioner KPU Provinsi Riau Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Sabtu.

Nugi demikian sapaan awak media, sebelum pandemi saat pilkada hanya ada satu jenis logistik yang di adakan KPU yaitu keperluan untuk mencoblos saat pesta demokrasi.

Namun kini dikarenakan terselenggara di tengah pandemi COVID-19, Pilkada, maka ada dua logistik yang akan didistribusikan oleh KPU ke setiap TPS, yakni logistik kepemiluan dan logistik COVID-19.

"Masker, sarung tangan, face shield kita berikan kepada setiap pemilih maupun petugas yang bertugas di TPS, sedangkan untuk Alat Pelindung Diri (APD) kita sudah memenuhi prokotol kesehatan," kata Nugi.

Semua biaya logistik tersebut lanjut dia, ditanggung dalam biaya Pilkada masing-masing kabupaten/kota penyelenggara.

"Yang pasti sebelum nyoblos semua area TPS akan disemprot disinfektan terlebih dahulu, dan warga yang berada dalam proses nyoblos harus menerapkan 4 M yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," katanya.

Selanjutnya kata dia, untuk logistik kepemiluan kini belum selesai karena masih tahap percetakan, karena memang rata-rata menggunakan percetakan dari Pulau Jawa sana.

"Kini dalam proses percetakan surat suara," kata dia.

Perlu diketahui diketahui, 9 dari 12 daerah di Riau akan melaksanakan Pilkada, yaitu Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Kuantan Singingi dan Pelalawan.

Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan KPU sejak 9-16 Oktober 2020 yakni sebanyak 2.458.859 pemilih.

Jumlah ini dibagi dalam 1.252.185 pemilih laki-laki dan 1.206.674 pemilih perempuan, tersebar pada 116 kecamatan, 1.290 di desa dan 8.356 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Baca juga: Cawako Dumai Paisal Tanpa Teks Paparkan Visi Misi Dalam Debat Kandidat

Baca juga: KPU Dumai siapkan bilik khusus antisipasi COVID-19