Dinkes Riau pastikan isolasi di gedung pemerintah tidak dipungut biaya

id dinkes riau, covid riau

Dinkes Riau pastikan isolasi di gedung pemerintah tidak dipungut biaya

Kadinkes Riau Mimi Yuliani Nazir. (Arsip Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menegaskantelah mempersiapkan beberapa tempat untuk isolasi mandiri kepada pasien positif Corona tanpa gejala atau gejala ringan dan tidak dipungut bayaran.

Mimi menyampaikan bahwa tempat tersebut diantaranya Gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) danBadan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM)di Jalan Ronggowarsito, Pekanbaru.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang terkonfirmasi namun tidak bergejala atau bergejala ringan, silahkan isolasi mandiri di tempat-tempat tersebut. Di sini lebih efektif untuk penyembuhan,” katanya, Selasa.

Dia memastikan semua fasilitas ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan isolasi mandiri. Ketersediaan fasilitas sarana dan prasarana juga sudah memadai, dan masyarakat tidak dipungut biaya apapun.

"Tim medis sudah tersedia 24 jam, dan semua biayanya ditanggung oleh pemerintah," ucap Mimi.

Dia menjelaskan bahwa pada prinsipnya pemerintah tidak membatasi kepada pasien positif Corona (COVID-19) untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Namun perlu disadari bersama, bahwa kegiatan isolasi mandiri di Rumah akan sangat sulit bagi pasien tanpa gejala untuk meminimalisir kontak dengan keluarganya.

"Sementara, kenapa pemerintah menekankan adanya isolasi mandiri, ya supaya tidak terjadi kontak dengan siapapun. Nah, di sini memang masalahnya," ujarnya.

Pasalnya isolasi mandiri di rumah sangat rentan jika si pasien positif COVID-19 untuk berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain. Mungkin ada anaknya yang menangis sehingga memungkinkan seseorang di rumah itu melakukan interaksi.