Jadwal debat Pilkada Riau disusun ada yang dapat jatah sekali ini alasannya

id Debat,debat kandidat,pilkada riau, kpu riau

Jadwal debat Pilkada Riau disusun ada yang dapat jatah sekali ini alasannya

 Anggota KPU Riau Nugroho Noto Susanto (tengah) saat sosialisasi cara nyoblos di masa pandemi, Pekanbaru, Jumat (6/11). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau telah menyusun jadwal kampanye sistem debat bagi semua Pasangan Calon (Paslon) yang ikut Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di sembilan kabupaten/kota setempat, ada yang mendapat jatah satu kali ada yang dua dikarenakan kemampuan anggaran.

"Jadwal debat kandidat sembilan kabupaten/kota ini akan berlangsung mulai 12 November hingga 3 Desember 2020," kata Anggota KPU Riau Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Jumat.

Dikatakan dia debat publik atau debat terbuka antarpasangan calon sebagaimana dimaksud dalam pasal 57 huruf c diselenggarakan oleh KPU provinsi atau KPU kabupaten/kota dengan ketentuan sebagai berikut, diselenggarakan di dalam studio lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta, atau di tempat lainnya yang disiarkan secara langsung maupun tunda.

"Jadi debat kandidat Pilkada 9 daerah di provinsi Riau akan dilaksanakan di media selama sebulan terakhir sebelum pemilihan Desember," katanya.

Untuk jadwalnya, lanjut dia, sudah disusun sesuai kemampuan keuangan daerah yang di tetapkan oleh KPU kabupaten/kota dan disahkan sebagai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

"Jadi dari 9 daerah yang melakukan Pilkada, ada yang menggelar debat satu kali dan ada yang dua kali," katanya.

Dikatakan dia, ada lima wilayah yang menggelar debat kampanye di luar daerah pemilihan (dapil) tempatnya di Kota Pekanbaru.

Dikatakan Nugi, semua Paslon yang menyelenggarakan debat Pilkada 2020, wajib mematuhi ketentuan mengenai status penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pada daerah setempat yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

"Menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan," katanya.

Demikian susunan jadwal debat, bagi paslon asal Rokan Hulu tahap I dilaksanakan pada tanggal 25 November 2020, tahap II dilaksanakan pada 2 Desember 2020, lokasi pelaksanaan bertempat di Rohul

Paslon asal Rokan Hilir mulai debat tahap I pada tanggal 18 November, tahap II tanggal 3 Desember 2020, lokasi pelaksanaan bertempat di Pekanbaru. Pilkada Dumai akan debat tanggal 12 November untuk tahap I, dan tahap II dilaksanakan tanggal 28 November 2020, lokasi pelaksanaan di Dumai. Selanjutnya paslon Bengkalis debat

dilaksanakan pada tanggal 25 November 2020, lokasi pelaksanaan bertempat di Bengkalis.

Meranti akan melaksanakan debat pada tanggal 23 November 2020, lokasi pelaksanaan bertempat di Selat Panjang. Untuk Siak, dilaksanakan pada tanggal 30 November 2020, lokasi pelaksanaan bertempat di Pekanbaru. Pelalawan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2020, lokasi pelaksanaan bertempat di Pekanbaru.

Kemudian debat Indragiri Hulu dilaksanakan pada tanggal 11 November 2020, lokasi pelaksanaan bertempat di Pekanbaru dan Kuantan Singingi dilaksanakan pada tanggal 25 November 2020, lokasi pelaksanaan bertempat Pekanbaru.