2021 di Kecamatan Sungai Apit bakal ada dua puskesmas

id puskesmas, puskesmas siak,siak, berita siak

2021 di Kecamatan Sungai Apit bakal ada dua puskesmas

Proses pembangunan Puskesmas di Kampung Mengkapan, Sungai Apit. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Kecamatan Sungai Apit pada 2021 akan memiliki dua pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang tahun ini sedang dikerjakan satu lagi yakni di Kampung Mengkapan untuk memperpendek akses warga berobat.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur sekali kalau ada puskesmas di sini karena selama ini kalau berobat kami ke puskesmas Sungai Apit," kata salah seorang Warga Mengkapan, Nanik (45), Rabu.

Selama ini warga Mengkapan jika akan berobat ke Puskesmas Sungai Apit harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit. Jika Puskesma sudah beroperasi di Mengkapan ini maka warga tidak jauh-jauh lagi berobat.

"Apalagi kalau ada masyarakat yang sakit dalam keadaan darurat, jarak tempuh ke Sungai Apit itu jauh. Apalagi jika memilih dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian Siak, malah bertambah jauh," katanya.

Selain warga Kampung Mengkapan, puskesmas ini juga akan mempermudah masyarakat di Kampung Sungai Rawa, Rawa Mekar Jaya, Penyengat dan yang berdekatan lainnya.Saat ditinjau di lapangan, pembangunan puskesmas baru itu masih dalam proses pengerjaan, terlihat beberapa orang pekerja sibuk melakukan pekerjaannya.

Puskesmas ini dianggarkan melalui dana Alokasi Dana Khusus (DAK) tahun 2020, dengan anggaran Rp 3,5 miliar. Puskesmas ini dijadwalkan rampung pada Desember mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Tonny Chandra mengatakan, pembangunan fasilitas kesehatan itu sebagai bentuk komitmen pemerintah kepada masyarakat. Selain puskesmas, 2019 pihaknya juga sudah membangun 6 puskesmas pembantu di beberapa kampung.

"Ini bentuk komitmen Pemkab Siak untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujar Tonny.

Menurutnya pada tahun 2021 mendatang akan juga ada penambahan pembangunan puskesmas, yakni di kampung Belutu Kecamatan Kandis.

Saat ini 14 kecamatan di Siak sudah memiliki puskesmas dengan Tualang memiliki dua sehingga total puskesmas sebanyak 15 puskesmas, belum termasuk pembangunan baru di Mengkapan.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar