Tempat Wisata Dumai Agar Batasi Pengunjung Antisipasi COVID-19

id Wisata Dumai, Satgas COVID-19 Dumai, Prokes Dumai,pariwisata riau,pariwisata dumai,berita riau antara,berita riau terbaru

Tempat Wisata Dumai Agar Batasi Pengunjung Antisipasi COVID-19

Pantai Puak Dumai Diresmikan sebagai Kawasan Wisata Berbasis Budaya Melayu (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19 minta seluruh pengelola tempat wisata membatasi jumlah kunjungan wisatawan hingga 50 persen, dan melengkapi sarana protokol kesehatan selama masa libur dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28-30 Oktober 2020.

Menghadapi libur dan cuti bersama ini, Ketua Satgas COVID-19 Dumai Zulkifli AS meminta tempat wisata, hotel restoran rumah makan serta kafe dan sejenisnya untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dilengkapi sabun cair dan memastikan tidak ada kerumunan yang menyebabkan tidak bisa menjaga jarak.

"Pemilik usaha juga diminta mengimbau dan pengawasan ketat agar seluruh pengunjung menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun," kata Zulkifli AS, Senin.

Satgas COVID-19 Dumai juga meminta masyarakat agar dalam pelaksanaan libur dan cuti bersama ini tidak bepergian keluar daerah dan mempersiapkan diri menghadapi potensi bencana banjir dan longsor sesuai prediksi Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Walikota Dumai ini menambahkan juga agar dalam kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan sendiri, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan kepada jemaah agar terhindar dari penularan virus korona.

"Diharap juga dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini membahas tema tentang perilaku hidup sehat dan bersih serta upaya pencegahan dan antisipasi COVID-19, sebagai upaya mendukung pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19," sebut walikota.

Para pelaku usaha pariwisata diimbau juga agar melaksanakan perayaan, acara atau kegiatan harus dengan adaptasi kehidupan baru sesuai protokol kesehatan, dan bahkan memungkinkan juga secara dalam jaringan

Terkait akses jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai), ini berpotensi meningkatkan pengunjung dan wisatawan yang bisa menggerakan ekonomi masyarakat, sehingga harus disikapi bijak dengan kesan baik agar pengunjung merasa aman dan nyaman.

"Saya harapkan upaya dari kita semua untuk mengantisipasi dan membatasi, agar tidak bertambah kasus baru positif COVID-19," demikian walikota.

Baca juga: Kemenparekraf harap komitmen banyak pihak untuk jalankan hibah pariwisata

Baca juga: Pelaku pariwisata ingin Tol Pekanbaru-Dumai dongkrak kunjungan wisatawan

Baca juga: Travelling di masa pandemi, Pulo Cinta kembali ramai dikunjungi wisatawan
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar