Pelaku pariwisata ingin Tol Pekanbaru-Dumai dongkrak kunjungan wisatawan

id tol pekanbaru dumai,pariwisata riau,HPI Riau,Asita Riau

Pelaku pariwisata ingin Tol Pekanbaru-Dumai dongkrak kunjungan wisatawan

Foto udara Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, Sabtu (26/9/2020). Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September kemarin dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Sejumlah pelaku wisata di Provinsi Riau berharap dengan beroperasinya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai bisa membuka aksesibilitas barudanmendongkrak sektor pariwisata Riau melalui kenaikanjumlah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara.

"Hadirnya Tol Pekanbaru-Dumai jangan malah dimanfaatkan untuk membawa wisatawan dari dalam negeri berwisata keluar negeri, hal itu akan membuang devisa negara. Namun, sebaliknya jalan tol ini diharapkan bisa mendatangkan wisatawan dari luar negeri ke Riau," kata Sekjen Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Osvian Putra, dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) bisa digunakan masyarakat untuk mengembangkan pusat-pusat ekonomi baru di Provinsi Riau.

Osvian juga berharap ke depannya selalu ada kampanye dari pemerintah dan instansi terkait, kepada pihak pelaku pariwisata agar menyerukan bahwa yang digenjot yakni mendatangkan wisman luar negeri ke Riau.

Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Riau, Julfiyanto mengatakan, di beberapa titik kawasan Jalan Tol Permai, menurutnya bisa dijadikan nilai jual bagi wisatawan yang berkunjung ke Riau.

Julfiyanto mengungkapkan, bahwa Tol Permai mempunyai keunikan sendiri, karena terdapat lima terowongan satwa untuk perlintasan gajah Sumatera yang terancam punah.

"Seperti diketahui, tol Permai memiliki lima buah terowongan gajah dan ini bisa menjadi nilai jual di kawasan tol tersebut yang nantinya bisa dinikmati wisatawan," katanya.

Baca juga: Ini kata Menteri PUPR usai peresmian Tol Pekanbaru - Dumai

Sebagai pengusaha biro wisata, Julfiyanto melihat Provinsi Riau memiliki kawasan wisata yang komplit karena memiliki alam yang indah, budaya yang menarik dan kuliner yang boleh bersaing dengan daerah luar.

Hal itu, ujar dia, bisa lebih dioptimalkan lagi dan dimanfaatkan agar wisatawan semakin tertarik dengan Riau dan pesona Bumi Melayu ini lebih dikenal publik.

Misalnya, wisatawan tertarik jika mengetahui Tol Permai memiliki keunikan tersendiri yakni bisa menikmati perjalanan yang disuguhkan dengan pemandangan gajah-gajah liar yang melintas, tanpa mengganggu habitat gajah yang melintas di kawasan tersebut.

Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumaitelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (25/9) kemarin. Pada peresmian secara virtual itu, Presiden mengatakan, hadirnya tol sepanjang 131 kilometer ini dinilai dapat menumbuhkan sentra ekonomi baru dan bisa meningkatkan aktivitas perekonomian di wilayah Bumi Melayu Riau.

Baca juga: OJK yakini Tol Pekanbaru-Dumai bangkitkan ekonomi daerah penyangga

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar