OJK yakini Tol Pekanbaru-Dumai bangkitkan ekonomi daerah penyangga

id Tol pekanbaru-dumai,Tol permai, tol pekdum, tol pekanbaru

OJK yakini Tol Pekanbaru-Dumai bangkitkan ekonomi daerah penyangga

Sebuah kendaraan melintas di gerbang Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 di Kota Pekanbaru, Riau. (Antara/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau meyakini keberadaan tol Pekanbaru-Dumaiyang baru saja diresmikanPresiden JokoWidodo mampu membangkitkan perekonomian daerah yang dilintasinya atau penyangga di masa datang.

Kepala OJK Riau Yusridi Pekanbaru Senin, memastikan hampir semua aspek ekonomi akan berdampak positif dengan keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai.

Terutama sektor-sektor yang jadi penggerak perekonomian daerah akan memberikan dorongan signifikan terhadap perbaikan ekonomi.

"Semua aspek akan berdampak, ekonomi daerah yang terhubung dengan tol akan menggeliat," kata Yusri.

Dikatakan Yusri, selain Pekanbaru dan Dumai, daerah yang akan merasakan dampak langsung terhadap keberadaan jalur bebas hambatan ini adalah sejumlah daerah yang dilintasinya.

"Namun paling banyak dirasakan Dumai sebagai daerah pelabuhan karena memiliki mobilitas tinggi terhadap kegiatan industri," katanya.

Hal ini dikarenakan jarak tempuh yang sama selama ini dengan tol bisa dipercepat waktunya.

"Jrak tempuh yang biasa membutuhkan waktu 4-5 jam, dengan tol bisa hanya 2 jam, sehingga memungkinkan masyarakat untuk melakukan mobilitas dari Pekanbaru ke Dumai setiap saat," kata dia.

Dikatakan dia beberapa sektor yang akan bangkit dengan adanya tol pariwisata, perdagangan dan jasa, perkebunan, distribusi hasil pertanian dan sebagainya.

"Untuk hasil kebun bisa menekan ongkos karena akan menjadi lebih cepat," katanya.

Baca juga: Ini kata Menteri PUPR usai peresmian Tol Pekanbaru - Dumai

Sebelumnya diberitakan, Tol Pekanbaru-Dumai diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 25 September 2020.

Saat ini warga sudah bisa menikmati tol yang dibuka sejak Sabtu, 26 September 2020 secara gratis namun tetap harus memiliki kartu tol untuk membuka pintu tol.

Baca juga: Tol Pekanbaru-Dumai bisa dilalui secara gratis. Ini syaratnya

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar