Pasangan SADAR terkaya di Pilkada Siak, Alfedri-Husni paling irit

id Kekayaan peserta pilkada siak, pilkada siak, pilkada siak 2020, pilkada riau

Pasangan SADAR terkaya di Pilkada Siak, Alfedri-Husni paling irit

Tiga Paslon Pilkada Siak memperlihatkan nomor urutnya usai pengundian.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Kontestan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Siak sudah melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi dan terlihat pasangan calon nomor urut 1 Sayed Abubakar A Assegaf-Reni Nurita(Sadar) terkaya dan Paslon nomor 2 Alfedri-Husni Merza yang paling sedikit hartanya.

"Kami hanya menerima laporan bukti pelaporan kalau jumlahnya bisa dilihat di situs LHKPN KPK," kata Ketua KPUKabupaten Siak, Ahmad Rizal, Minggu.

Berdasarkan penelusuran di situs tersebut, memang terlihat Paslon Koalisi Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera Sayed Abubakar A Assegaf-Reni Nuritayang paling tajir. Totalkekayaan paslon yang disebut SADAR ini mencapai sekitar Rp34 miliar dengan rincian Sayed yang paling tinggi mencapai Rp33,72 miliar, sedangkan Reni hanya Rp1,06 miliar.

Kekayaan Sayed hampir sebagian besar berasal dari tanah yang dimilikinya senilai Rp32,22 miliar. Hanya Rp275 juta berupa alat transportasi dengan tiga unit mobil, harta bergerak lainnya Rp497 juta, serta kas dan setara kas lainnya Rp727 juta.

Sementara Paslon yang paling irit adalah dari Koalisi gemuk Partai Amanat Nasional, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Nasional Demokrat Alfedri-Husni. Paslon dengan calon bupati petahana ini jika digabungkan jumlahnya hanya Rp4 miliar lebih.

Rinciannya Alfedri dengan kekayaan Rp3,33 miliar dan Husni Merza hanya Rp697 juta. Husni Merza dengan kekayaan segitu menjadikannya calon termiskin di Pilkada Siak.

Kekayaan Husni dilaporkan terdiri dari tanah dan bangunan senilai Rp566 juta, alat transportasi Rp127 juta, harta bergerak lainnya Rp45 juta, surat berharga Rp77 juta serta kas dan setara kas lainnya Rp76 juta. Bahkan Husni memiliki hutang Rp194,5 juta sehingga jumlah kekayaannya menjadi Rp697 juta itu.

Sementara itu kekayaan satu paslon lainnya yang nomor urut 3, Said Arif Fadillah-Sujarwo jika digabungkan jumlahnya Rp8 miliar lebih. Rinciannya Said Arif Fadillah Rp 5,75 miliar dan Sujarwo Rp2,65 miliar. Paslon ini diusung oleh Partai Golongan Karya, Gerakan Indonesia Raya, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Baca juga: Tak lagi tempati rumah dinas, Bupati Alfedri : Yang penting bisa tidur

Baca juga: Daftar pemilih sementara di Siak sebanyak 267.188, turun dibanding 2019