Cerita Alfedri jual sepeda motor bantu warga Sakai di Minas berlebaran

id alfedri, pilkada siak, bupati siak

Cerita Alfedri jual sepeda motor bantu warga Sakai di Minas berlebaran

Alfedri ketika bercerita di rumah pribadinya.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak non aktifAlfedri memulai karir sebagai pamong tidak dengan adanya fasilitas yang menunjang sehingga harus berdamai dengan keadaan salah satunya dengan hanya memiliki kendaraan Honda Astrea 800 yang itupun dibeli bekas.

Menjabat sebagai Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Sungai Apit tahun 1995 dirinya belum difasilitasi kendaraan dinas. Sementara istrinya, Rasidah yang dinikahi tahun 1994, menjadi guru dengan memakai sepeda ke SMA 1 Sungai Apit.

Barulah tahun 1996, kemudian dia diangkat menjadi Sekretaris Camat Minas diperoleh kendaraan dinas yakni Honda Win. Dengan adanya kendaraan ini dan Astrea 800 bisa menjadi cadangan untuk kebutuhan lain.

Akan tetapi, sepertinya kendaraan itu tidak berjodoh dengan Alfedri. Tersebab, dia harus menjualnya untuk membeli sekapling tanah. Masyarakat Suku Sakai di sana menawarkan tanahnya untuk dibeli karena saat itu mau lebaran.

"Waktu itu bukan puasa datang orang Sakai. 'Pak beli tanah kami, orang mau rayo (hari raya)'. Belilah dua hektare jual Astrea. Waktu itu satu ha Rp500 ribu," ungkap Alfedri, Minggu.

Setelah itu dimulailah penebangan tanah untuk dijadikan kebun sawit. Enam bulan pertama diupahkan dengan orang untuk membuka lahan dan menanam sawit. Namun keberuntungan belum berpihak ke Alfedri, 100 batang sawitnya hancur. Kata pekerja karena kurang bersih sehingga dihabisi hama.

Sejak saat itu, Alfedri memutuskan untuk turun langsung berkebun. Habis ashar setiap hari, dia datang ke kebun. Begitu juga Sabtu-Minggu seharian penuh bekerja di kebun dengan makanan diantaristrinya.

"Main tenis ditinggalkan, main bola, badminton ditinggalkan, ganti dengan berkebun. Setiap hari kerja habis ashar ke kebun, Sabtu-Minggu ke kebun, diantar nasi oleh ibu," ceritanya.

Begitulah ceritanya, seiring berpindahnya tugas ke Perawang dan Siak hingga saat ini kebun Alfedri di Minas hanya mencapai 10 ha. Sejak 2011 Alfedri menjadi Bupati Siak dan 2019 menjadi bupati menggantikan Syamsuar yang kini menjadi Gubernur Riau.

Sekarang Alfedri sudah menjalani cuti kampanye sebagai Calon Bupati Siak bersama calon wakilnya Husni Merza. Mereka bertarung dengan dua pasangan calon lainnya yakni Sayed Abubakar A Assegaf-Reni Nurita dan Said Arif Fadillah-Sujarwo.

Baca juga: Tak lagi tempati rumah dinas, Bupati Alfedri : Yang penting bisa tidur

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar