Lonjakan kasus COVID-19 Pekanbaru sebabkan ruang isolasi tersisa 96

id Isolasi,rusunawa, ruang isolasi

Lonjakan kasus COVID-19 Pekanbaru sebabkan ruang isolasi tersisa 96

Seorang petugas berjaga di ruang rawat isolasi pasien COVID-19 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau, di Kota Pekanbaru, Senin (7/9/2020). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Lonjakan kasus konfirmasi positif COVID-19 yang mencapai ratusan sepekan terakhir di Kota Pekanbaru, telah berakibat pada nyaris penuhnya ruang isolasi di 22 Rumah Sakit yang menangani perawatan pasien.

"Data per Selasa (15/9/2020) dari 22 rumah sakit yang dapat menampung pasien positif COVID- 19 di Pekanbaru saat ini hanya tersedia 96 ruang isolasi untuk menampung pasien," kata Plh Kepala Diskes dr Zaini Rizaldy di Pekanbaru, Kamis.

Kata dia, akibat trend kasus konfirmasi COVID-19 terus di angka seratusan maka ruangan isolasi di RS pemerintah dan swasta nyaris penuh.

Dikatakan dia, jumlah pasien konfirmasi positif COVID-19 sesuai data dari Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru totalnya sudah 579 orang.

"Mereka menjalani isolasi di 22 rumah sakit yang tersebar di Kota Pekanbaru dan kini ruang isolasi khusus pada tujuh rumah sakit penuh dan tidak mampu lagi menampung pasien positif yang menjalani isolasi," katanya.

Karena itu lanjut dia, kini Pemerintah Kota Pekanbaru telah menyiapkan rumah sehat di Rusunawa Rejosari untuk pasien positif COVID-19 menjalani isolasi untuk Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Kini sudah tersedia 30 tempat tidur untuk perawatan pasien positif berstatus OTG yang menjalani isolasi dari kapasitas 360 tempat tidur," tukasnya.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum ANTARA dari tim gugus tugas penanggulangan COVID-19 Kota Pekanbaru, jumlah kasus konfirmasi positif baru pada Rabu, 16 September 2020 bertambah 100 orang 8 orang sembuh dan pulang dari RS, 54 orang sembuh isolasi mandiri, 3 orang meninggal dunia.

Sehingga total pasien positif 1.862 orang dengan rincian 375 orang sembuh dan pulang dari RS, 258 orang sembuh isolasi mandiri, 211 orang masih dirawat di RS, 970 orang isolasi mandiri 38 orang meninggal dunia.

Baca juga: Ruang isolasi RS Riau untuk pasien COVID-19 sisa 30 persen, begini penjelasannya

Baca juga: 118 PNS Diskes Pekanbaru jalani isolasi mandiri