Polri selidiki penyebab kebakaran gedung Telkom Pekanbaru

id Kebakaran, Telkom, Pekanbaru, Riau,telkomsel kebakaran, telkom

Polri selidiki penyebab kebakaran gedung Telkom Pekanbaru

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru berusaha memadamkan api di salah satu gedung di area Plasa Telkom Pekanbaru, di Jalan Sudirman Pekanbaru, Riau, Selasa (11/8/2020). Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut, namun akibat dari kebakaran yang diduga berasal dari lantai dua gedung ini menyebabkan jaringan Telkomsel di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya mengalami gangguan. (ANTARA/Rony Muharrman)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim Laboratorium Forensik Polri Cabang Pekanbaru membawa sejumlah sampel dari lokasi kebakaran Gedung HPBB (High Performace Back Bone) PT Telkom di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, untuk diteliti lebih lanjut terkait penyebab insiden itu.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru, Rabu, mengatakan enam personel Labfor Cabang Pekanbaru yang dipimpin AKBP Yani sejak Selasa tadi malam (11/8) terus melakukan pemeriksaan intensif di lokasi kejadian.

"Enam personel Labfor melakukan pemeriksaan di objek yang terbakar. Pemeriksaan dilakukan sejak tadi malam hingga siang tadi," kata dia.

Hasil dari pemeriksaan secara maraton itu, tim membawa sejumlah sampel seperti kabel-kabel yang terbakar hingga abu kebakaran untuk diperiksa di laboratorium.

"Tim Labfor membawa beberapa sampel di antaranya kabel-kabel yang terbakar dan abu untuk diperiksa dan dianalisis. Ini memerlukan waktu," ujarnya.

Kebakaran Gedung HPBB di kompleks Plasa Telkom Pekanbaru mengakibatkan seluruh jaringan Telkom Group, termasuk Telkomsel, lumpuh mulai dari layanan telepon, paket data, SMS hingga internet.

Gangguan jaringan juga dirasakan hingga ke pelanggan di wilayah Sumatera Bagian Utara dan Tengah, di antaranya di Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Barat, Aceh dan Sumatera Utara.

Baca juga: Layanan imigrasi di Riau lumpuh terdampak kebakaran gedung Telkom

Meski begitu, baru perusahaan penyedia operator seluler PT Telkomsel yang menyatakan layanan komunikasi ke pelanggan Telkomsel di wilayah Sumatera telah berangsur pulih dan mulai dapat akses kembali dengan normal.

“Sehubungan dengan sempat terjadinya penurunan layanan komunikasi Telkomsel di wilayah Sumatera sebagai dampak kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Kota Pekanbaru, dapat disampaikan perkembangan terbaru,"kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin dalam pernyataan pers yang diterima di Pekanbaru, Rabu.

"Bahwa layanan komunikasi baik telpon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera yang sempat terdampak kini sudah berangsur pulih dan mulai dapat diakses kembali dengan normal oleh pelanggan,” lanjut Denny.

Baca juga: Dampak kebakaran gedung Telkomsel, sejumlah pelanggan beralih ke operator lain