Disdukcapil rekam KTP bagi 250 warga KAT di Rupat Utara

id Pemkab Bengkalis,adat terpencil, KAT siak, bengkalis, KAT bengkalis

Disdukcapil rekam KTP bagi 250 warga KAT di Rupat Utara

Disdukcapil Bengkalis dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat langsung turun ke daerah melakukan perekaman E-KTP, seperti dilakukan di Kecamatan Rupat Utara.

Bengkalis (ANTARA) - Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bengkalis melakukan

perekaman data penerbitan kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) kepada 250 warga dari Komunitas Adat Terpencil (KAT) Desa Titi Akar Kecamatan Rupat Utara.

Pelayanan yang diberikan dengan aksi jemput bola ke daerah tersebut berlangsung dari Kamis sampai Jumat 23/ 24 Juli 2020 di kantor Desa Titi Akar.

Kepala Desa Titi Akar Sukarto memberikan apresiasi kepada jajaran Disdukcapil yang membuat kebijakan menerjunkan langsung petugas untuk melakukan perekaman. Langkah ini merupakan sebuah terobosan bagus, karena membantu masyarakat yang ingin mendapatkan dokumen kependudukan. ‘

“Langkah ini sangat bagus sekali. Masyarakat tidak lagi jauh-jauh datang ke ibu kota kecamatan, tapi cukup di kantor desa, maka urusan selesai. Terima kasih kami ucapkan buat Disdukcapil Bengkalis,” ungkap Sukarto.

Sementara itu Kepala Disudkcapil Bengkalis H Ismail, mengatakan terobosan jemput bola dengan menerjunkan petugas perekaman ke desa-desa atau masyarakat terpencil sebagai upaya peningkatan pelayanan dalam penerbitan dokumen. Mengingat selama ini, masih banyak warga Kabupaten Bengkalis yang belum melakukan perekaman, karena faktor jarak dengan kantor pelayanan.

“Ke depan, terobosan semacam ini akan terus dilaksanakan terutama di sejumlah desa yang memang sulit dari jangkauan ibu kota kecamatan. Intinya, kita ingin memberikan layanan prima kepada masyarakat, sehingga ke depan seluruh masyarakat sudah terekam,” ujar Ismail.

Baca juga: Tekan Kemiskinan Suku Asli, Pemkab Meranti Bentuk Pokja Dorong Pemberdayaan KAT

Baca juga: Ribuan KK KAT Riau Belum Sejahtera