GTPP COVID-19 Riau lakukan pemeriksaan pada pedagang pasar Rohul, ini sebabnya

id tes covid pedagang,covid rokan hulu,covid riau,berita riau antara,berita riau terbaru

GTPP COVID-19 Riau lakukan pemeriksaan pada pedagang pasar Rohul, ini sebabnya

ilustrasi. Sejumlah tenaga kesehatan menggunakan APD saat akan menggelar uji usap (swab) massal di Pasar Sukaramai, Pekanbaru, Riau, Jumat (26/6/2020). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Provinsi Riau pada Jumat melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus coronatipe baru pada seluruh pedagang di Pasar Baru, Kabupaten Rokan Hulu, karena ada pasien baru COVID-19 yang sering berbelanja di pasar tersebut.

"Kita ingin memastikan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Rokan Hulu. Karena pasien yang terkonfirmasi positif itu dari pasar sini,"kata Sekretaris Daerah Provinsi RiauYan Prana Jaya dalam pernyataan pers pemerintah yang diterima di Pekanbaru.

Pemeriksaan COVID-19 di RokanHulu, menurut dia, merupakan bagian dari upaya melacak riwayat kontak pasien dengan para pedagang guna mencegah risiko penyebaran penyakit.

"Tracing(pelacakan) ini kita lakukan kepada seluruh pedagang yang ada di pasar. Sebagaimana yang telah kita lakukan terhadap daerah lainnya,” katanya.

Wagimin, seorang pedagang di Pasar Baru, bersyukur pemerintah melakukan pemeriksaan untuk mencegah penularan virus coronapenyebab COVID-19 di Pasar Baru. Dia tidak khawatir atau takut menjalani pemeriksaan.

"Malah bersyukur saya, kalau ke dokter sudah berapa pulabiayanya. Saya udah diambil swab(spesimen usap), tidak sakit, biasa saja. Memang pasien positif itu ada belanja di pasar sini, tapi di tempat saya tidak ada. Dan dia belanja sayur-sayuran," katanya.

Pemeriksaan pedagang Pasar Baru dilakukan setelah seorang pasien berusia 56 tahunwarga Kabupaten RokanHulu dikonfirmasi positif COVID-19. Pasien itu diketahui berdagang di rumahdan setiap hari berbelanja di Pasar Baru, Ujung Batu.

Pasien COVID-19 ke-235 di Riau itu diketahui menularkan virus coronake anaknya yang berusia 20 tahun, yang saat ini sudah menjalani karantina dan perawatan.

Berdasarkan data Dinas KesehatanRiau, hingga Jumat siang jumlah total pasienCOVID-19 di Riau sebanyak 238 orang dengan perincian 11 orang masih dirawat, 216 orang sudah sehat kembali, dan 11orang meninggal dunia.

Baca juga: Donald Trump masih anggap obat malaria, hydroxychloroquine mampu cegah COVID-19

Baca juga: RSUD Arifin Achmad turunkan tarif tes cepat COVID-19

Baca juga: Tiga PDP bertambah di Bengkalis, satu positif COVID-19


Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar