45 tenaga medis RS Daerah Madani Pekanbaru negatif COVID-19

id Pemkot Pekanbaru,tes swab, tes usap

45 tenaga medis RS Daerah Madani Pekanbaru negatif COVID-19

Ilustrasi - Wali Kota Pekanbaru Firdaus (dua dari kanan) menyaksikan tes cepat COVID-19 di Masjid Ar Rahman Pekanbaru, Selasa (9/6/2020). (ANTARA/HO-Pemkot Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Hasil tes usap (swab) terhadap 45 tenaga medis di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru negatif COVID-19, kata Juru Bicara Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi.

"Sebanyak 45 tenaga medis yang negatif COVID-19 tersebut bagian dari 90 tenaga medis RSD Madani Pekanbaru yang menjalani tes usap beberapa hari lalu," katanya dalam keterangannya kepada media di Pekanbaru, Jumat.

Selain tenaga medis di RSD Madani Kota Pekanbaru, tes usap juga dilakukan kepada seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Rumbai di Jalan Sekolah, Kecamatan Rumbai Pesisir dengan hasil negatif virus corona jenis baru itu.

Tanpa merinci jumlah tenaga medis asal Puskesmas Rumbai yang dites usap, ia menjelaskan, tes usap digelar terkait dengan salah seorang dokter internsip atau magang di puskesmas tersebut positif virus.

Baca juga: Pekanbaru akan lanjut tes usap massal di Pasar Rumbai

"Akan tetapi kini, alhamdulillah, dokter internsip tersebut sudah dinyatakan sembuh. Hasil tes usapnya bahkan dilakukan dua kali dan keduanya negatif, hingga saat ini yang bersangkutan sudah dipulangkan dari rumah sakit dan berkumpul kembali dengan keluarganya," katanya.

Meski bekerja di Puskesmas Rumbai, dokter bersangkutan tidak masuk dalam kasus positif COVID-19 Kota Pekanbaru karena warga Kabupaten Kampar.

"Kasusnya tidak masuk ke Kota Pekanbaru akan tetapi tercatat di Kabupaten Kampar," kata Mulyadi.

Baca juga: Tes usap 36 pegawai RSUD Mandau hasilnya negatif COVID-19