Bulog Riau dan Kepri sebut stok beras dan gula aman untuk tiga bulan

id Bulog,bulog riau,beras bulog, beras riau

Bulog Riau dan Kepri  sebut stok beras dan gula aman untuk tiga bulan

Proses dan bungkus gula pasir di Bulog Riau-Kepri. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Wilayah Riau dan Kepri menyatakan stok pangan berupa beras dan gula pasir setempat aman dan mencukupi saat pandemi wabah COVID-19.

"Stok beras kita cukup untuk kebutuhan tiga bulan mendatang," kata Kepala Perum Badan Urusan Logistik Wilayah Riau dan Kepri Bahtiar Sekar kepada ANTARA di Pekanbaru Rabu.

Dikatakan Kabulog yang baru menjabat di Riau dan Kepri menggantikan Abdul Muis S Ali, memasuki normal baru aktifitas ekonomi masyarakat mulai menggeliat kebutuhan pangan mulai ke arah normal maka pasokan Bulog juga makin bertambah.

Ia mengatakan, warga masyarakat Pekanbaru Riau dan Kepri tidak perlu kuatir karena Bulog sudah menyiapkan stok untuk mengantisipasi peningkatan permintaan.

"Untuk beras alhamdulillah stoknya masih cukup terutama dalam rangka persiapan menghadapi normal baru aman untuk tiga bulan ke depan," kata Bahtiar.

Selain beras, kata dia, kebutuhan gula juga menjadi yang utama di wilayah Riau pascatingginya harga eceran gula pasir sejak akhir tahun 2019 mencapai Rp17.000 per kilogram naik dari harga normalnya Rp12.500 per kilogram.

Namun Bulog terus menggelar Operasi Pasar gula pasir di Riau guna menekan eceran kembali ke normal sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) pemerintah yakni Rp12.500 per kilogram.

"Sementara harga beras dan gula kini cukup stabil dan terkendali," katanya.

Dia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan gula kini Bulog Riau dan Kepri miliki pasokan cukup.

"Sementara gula ada stoknya sekitar 700 ton lebih," tukasnya.

Pantauan ANTARA di beberapa pasar tradisional Pekanbaru harga gula pasir sudah turun di kisaran Rp12.500 per kilogram hingga Rp13.000 per kilogram. Sedangkan aneka beras masih relatif stabil di harga Rp11.000 per kilogram untuk merek Belida dan Topi Koki. Untuk Anak Daro diecer Rp13.000 per kilogram. Untuk kualitas ramos di ecer Rp14.000 per kilogram.

Baca juga: Pemkab Bengkalis jamin ketersedian bahan pangan hingga Idul Fitri

Baca juga: Bulog Riau gelontorkan gula murah Rp12.500 per kilogram ke pasar