Pemkab Bengkalis jamin ketersedian bahan pangan hingga Idul Fitri

id pemkab bengkalis,Bengkalis, bulog bengkalis

Pemkab Bengkalis jamin ketersedian bahan pangan hingga Idul Fitri

Plh Bupati Bengkalis ketika melakukan diskusi High Level Meeting bersama Sekda Provinsi Riau.

Bengkalis (ANTARA) - Pemkab Bengkalis bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berupaya mengoptimalkan ketersediaan bahan pangan dan menjamin hingga Idul Fitri masih relatif aman.

"Alhamdulillah diakhir bulan April hasil monitoring sembilan bahan pokok di Kabupaten Bengkalis menjelang Idul Fitri tahun ini relatif terkendali," ujar Plh Bupati Bengkalis Bustami HY saat mengikuti diskusi High Level Meeting (HLM) membahas tentang Menjaga Ketahanan Pangan Menjelang Hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19, Senin (18/5).

Dikatakannya, ketersediaan beras Bulog dan gula Bulog di Kabupaten Bengkalis, untuk beras tersedia 596 lebih ton di perkirakan sampai tiga bulan ke depan. Sementara gula putih 20 ton diperkirakan dua bulan ke depan,” katanya.

Ia juga melaporkan, Secara umum ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Bengkalis untuk bulan ini hampir sama dengan kabupaten/kota lainnya, dimana bawang merah hanya tersedia 19 ton dan bawang putih 29 ton, seandainya Juni tidak ada masuk komoditi, maka Kabupaten Bengkalis mengalami kekurangan bawang merah dan bawang putih.

“Kita harus bekerja keras serta berupaya bagaimana distribusi dan ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Bengkalis terus berjalan aman dan lancar, lebih-lebih kita saat ini telah menerapkan PSBB di Kabupaten Bengkalis,” kata Bustami.

Sementara itu Sekda Provinsi Riau Yan Prana meminta kepada Plh Bupati Bengkalis terus memantau harga bahan pokok di Kabupaten Bengkalis seperti harga gula, bawang dan cabe.

Kemudian ia meminta kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bengkalis untuk terus update melapor data kepada TPID Provinsi Riau terkait dengan ketersediaan sembilan bahan pokok di Kabupaten Bengkalis.

Baca juga: Penerapan PSBB belum optimal di Bengkalis. Ini alasannya

Baca juga: PSBB di Bengkalis diberlakukan18 Mei 2020