Bangkai Hawk diangkut ke hanggar Lanud Roesmin Nurjadin

id pesawat jatuh, pesawat hawk, pesawat tempur

Bangkai Hawk diangkut ke hanggar Lanud Roesmin Nurjadin

Personel TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin mengevakuasi bangkai pesawat tempur TNI AU yang jatuh di pemukiman warga di Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (16/6/2020). Pesawat tempur jenis Hawk 200 TT 0209 ini jatuh pada Senin (15/6/2020) pagi di perumahan Sialang Indah, Kabupaten Kampar. (ANTARA/Rony Muharrman)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebuah truk crane mengangkut bangkai pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 0209 TT yang jatuh di pemukiman warga Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Riau ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru.

Proses evakuasi yang sempat tertunda itu berlangsung pada Selasa sekitar pukul 16.00 WIB dan berlangsung tertutup. Puluhan prajurit TNI melakukan penjagaan ketat lokasi kejadian di perumahan Mutiara, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar itu.

Baca juga: Prajurit TNI mulai perbaiki rumah warga rusak tertimpa pesawat

Berdasarkan pantauan, terlihat bangkai pesawat dinaikkan ke atas truk menggunakan crane. Seluruh badan pesawat yang rusak total itu ditutup menggunakan terpal biru setelah naik di atas truk. Dibutuhkan waktu satu jam lamanya mengangkut badan pesawat ke atas truk hingga ke luar dari pemukiman itu.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Rony Irianto Moningka kepada Antara mengatakan badan pesawat dibawa ke Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin, markas pesawat itu berada.

"Evakuasi menggunakan truk crane. (Badan pesawat) dibawa ke Skadron 12," katanya.

Nantinya, dia mengatakan proses investigasi akan tetap dilanjutkan di Lanud Roesmin Nurjadin. "Proses investigasi tetap berlangsung," tuturnya.

Sebelumnya proses evakuasi direncanakan pada Senin siang kemarin. Namun, hal itu ditunda setelah Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan proses investigasi di lokasi kejadian masih dilakukan.

Baca juga: Jet tempur Hawk jatuh di rumah warga belum dievakuasi

Baca juga: Selain di Riau, Pesawat tempur AS juga jatuh saat misi latihan