Jet tempur Hawk jatuh di rumah warga belum dievakuasi

id Pesawat jatuh, Riau, Kampar,pesawat, pesawat tempur

Jet tempur Hawk jatuh di rumah warga belum dievakuasi

Bangkai pesawat Hawk yang jatuh di perumahan warga Kabupaten Kampar, Riau masih belum dievakuasi. (ANTARA/Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan pesawat tempur Hawk yang jatuh di pemukiman warga perumahan Mutiara Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, masih belum dievakuasi dan masih menjadi tontonan warga setempat.

Pantauan di lapangan, Selasa siang, badan pesawat itu masih tertutup terpal biru. Sejumlah personel TNI AU terlihat masih berada di lokasi sementara puluhan warga yang masih penasaran juga berada di sana untuk melihat insiden tersebut.

Bagi warga tempatan Perumahan Mutiara Sialang Indah, Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau lokasi jatuhnya pesawat tetap diperbolehkan mendekat namun tidak boleh terlalu dekat. Sementara awak media dibatasi dengan jarak sekitar 300 meter dari lokasi kejadian.

Upik (49) warga setempat yang juga membuka warung makan tidak jauh dari lokasi kejadian mengaku warungnya semakin ramai usai insiden itu. Warungnya menjadi tempat para TNI dan awak media berkumpul.

Sebelumnya bangkai pesawat itu akan dievakuasi pada Senin kemarin. Satu unit truk crane dan beberapa truk dari PaskhasTNI AU sudah berada di lokasi kejadian untuk membawa bangkai pesawat. Namun, evakuasi urung dilakukan mengingat perlu dilaksanakan investigasi terlebih dahulu.

Baca juga: Pilot selamat dirawat di RS Lanud Roesmin Nurjadin

"Setelah proses investigasi, pesawat segera dievakuasi. Mungkin beberapa hari ke depan," kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Berdasarkan investigasi sementara, jatuhnya pesawat tempur milik TNI AU itu disebabkan hilangnya daya pesawat dan akhirnya terjatuh. Insiden itu tidak menimbulkan korban jiwa, sang pilot juga selamat setelah melontarkan dirinya dari pesawat.

Baca juga: Prajurit TNI mulai perbaiki rumah warga rusak tertimpa pesawat

Baca juga: Flash - Pesawat TNI AU jatuh di Riau