Polisi selidiki ledakan pabrik pelebur baja di Kampar

id Ledakan Kampar, Kampar, polres Kampar

Polisi selidiki ledakan pabrik pelebur baja di Kampar

Polisi menyelidiki ledakan pabrik pelebur baja dan besi di Kampar, Riau. (HO Polres Kampar)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepolisian Resor Kampar, Provinsi Riau, tengah menyelidiki ledakan pabrik pelebur baja di Jalan Pasir Putih atau perbatasan Kampar-Pekanbaru yang menyebabkan sejumlah karyawan mengalami luka-luka.

"Kejadiannya Minggu tadi malam sekitar pukul 23.35 WIB. Sekarang masih dalam proses penyelidikan," kata Kapolres Kampar AKBP Muhammad Kholid kepada ANTARA di Pekanbaru, Senin.

Kasubag Humas Polres Kampar Iptu Denny Yusra mengatakan pabrik yang mengalami ledakan itu adalah PT Riau Perkasa Steel. Pabrik itu berada di Jalan Pasir Putih, Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kampar atau berbatasan dengan Kota Pekanbaru.

"Ledakan terjadi pada bagian tungku peleburan baja nomor IV," kata Denny.

Sejauh ini, empat korban yang mengalami luka-luka cukup serius masih harus dirawat inap di rumah sakit setempat. Korban pertama teridentifikasi bernama Saroh (22) yang mengalami luka bagian telinga dalam akibat kerasnya ledakan.

Selanjutnya Destor Gulo (29) dan Li Mao Xian (47) yang juga mengalami luka bagian telinga. Keduanya juga dirawat inap di rumah setempat serta terakhir Destiamani (36) yang telah diperbolehkan pulang karena hanya mengalami luka ringan.

Lebih jauh, Denny mengatakan jika ledakan itu terjadi saat sejumlah karyawan tengah berjaga ketika tungku melebur baja. Namun seketika terdengar suara ledakan hebat hingga akhirnya terbakar. Beberapa orang bahkan disebut terpental akibat ledakan itu. Dugaan sementara, ledakan itu akibat tekanan dan panas di tungku pembakar baja nomor IV yang mengalami overheating.

"Terjadinya ledakan di tungku peleburan PT RPS di duga akibat suhu mesin peleburan terlalu tinggi dan membuat tungku tersebut tidak menahan kapasitas dan terjadilah suatu ledakan," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah warga yang tinggal di sekitar lokasi mengaku mendengar ledakan hingga menyebabkan dinding rumah bergetar pada tadi malam. Namun, belum ada laporan apakah terjadi kerusakan rumah atau bangunan lainnya di sekitar lokasi akibat kerasnya ledakan itu.

Baca juga: Petugas evakuasi larang aktivitas pemicu ledakan di lokasi kebocoran gas