BPJAMSOSTEK Pekanbaru sumbang 40 paket APD ke RSUD Arifin Achmad

id Apd,donasi,BPJamsostek,rsud arifin achmad,covid riau,berita riau antara,berita riau terbaru

BPJAMSOSTEK Pekanbaru sumbang 40 paket APD ke RSUD Arifin Achmad

BPJAMSOSTEK  Kantor Cabang Pekanbaru  sumbang  40 paket Alat  Pelindung Diri (APD)  ke RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru, Kamis (4/7). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Pekanbaru mendonasikan 40 paket Alat Pelindung Diri (APD) ke RSUD Arifin Achmad, guna dipergunakan oleh tenaga kesehatan dalam penanggulangan COVID-19.

"Ini sebagai dukungan BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru khususnya tenaga medis di RSUD Arifin Achmad," kata Deputi Direktur Wilayah Sumbarriau, Pepen S Almas di Pekanbaru, Kamis.

Penyerahan bantuan APD dilakukan di loby RSUD Arifin Achmad, dari Deputi Direktur Wilayah Sumbarriau, Pepen S Almas didamping Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Kota, Mias Muchtar kepada Direktur RSUD Arifin Achmad Kota Pekanbaru dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS.

Kata Pepen S Almas, APD yang diberikan lengkap dengan satu set pakaian untuk seorang medis dalam penanganan COVID-19.

"Seperti masker N95, Safety Goggle, Face Shield, Water Proof Boot, Rubber Gloves, marker surgery, dan Hazmat Suit," kata dia.

Sementara itu Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Kota Mias Muchtar mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan promotif dan preventif dari BPJS Ketenagakerjaan.

Dimana sudah dilakukan juga kepada rumah sakit yang kerja sama atau Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) untuk membantu penanganan COVID-19.

Selain sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK), RSUD Arifin Achmad Kota Pekanbaru juga menjadi rumah sakit yang rentan adanya penyebaran COVID-19, mengingat fasilitas kesehatan ini merawat pasien berbagai penyakit maupun gejala.

"Ini sebagai bentuk Program Promotif Preventif BPJS Ketenagakerjaan bagi penanggulangan COVID-19 di Riau dan Pekanbaru khususnya. Semoga APD ini dapat membantu tenaga medis dalam menangani pasien COVID-19, agar cepat sembuh dan tidak terpapar saat melakukan tugas di lapangan," kata Mias.

Jika melihat kondisi saat ini menanggulangi penyebaran COVID-19, pemerintah mengimbau seluruh masyarakat untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak aman, serta disiplin melakukannya. BPJamsostek Pekanbaru Kota tetap berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada para peserta yang terkena imbas pandemi COVID-19 dengan protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK).

"Hingga akhir bulan Mei 2020, Kantor BPJamsostek Cabang Pekanbaru Kota telah melayani peserta sebanyak 2.326 kasus dan membayarkan sebesar Rp57.026.990.803 khusus klaim jaminan hari tua," kata dia.

Klaim jaminan hari tua di masa pandemi COVID-19 terus meningkat tentu ini adalah imbas dari penyebaran wabah mematikan itu, dimana banyak perusahaan yang melakukan pengurangan karyawan atau PHK.

Mias mengimbau, seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama berdoa agar penyebaran COVID-19 ini segera berakhir, supaya masyarakat dapat beraktivitas sebagaimana biasanya dan turut mendukung dan membantu pemerintah serta petugas medis sebagai gugus terdepan agar selalu sehat dan aman.

Sementara itu, Direktur RSUD Arifin Achmad dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS , menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas dukungan dan bantuan serta kepedulian yang diberikan.

"Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh BPJAMSOSTEK, mari kita sama-sama mendukung pemerintah terutama tenaga medis untuk menangani para pasien yang terpapar COVID-19, agar para pasien cepat sembuh dan para petugas yang di lapangan tidak terpapar,” tukas Dirut.

Baca juga: Satgas BUMN Riau gelontorkan Rp5,1 miliar bantu penanganan COVID-19, begini penjelasannya

Baca juga: Karyawan BNI sisihkan THR Rp130,2 miliar untuk donasi penanganan pandemi COVID-19

Baca juga: Minamas Plantation dan PFI Pekanbaru salurkan sembako untuk warga terdampak COVID-19