PSBB di Riau ditandai dengan penyemprotan disinfektan secara serentak, begini penjelasannya

id psbb riau,penyemprotan disinfektan,penanggulangan covid,berita riau antara,gubernur riau,berita riau terbaru,covid riau

PSBB di Riau ditandai dengan penyemprotan disinfektan secara serentak, begini penjelasannya

Gubernur Riau Syamsuar (tengah) memberikan pengarahan tentang pelaksanaan PSBB di Kabupaten Kampar, Minggu (17/5/2020). (ANTARA/Dok. Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah Provinsi Riau ditandai dengan penyemprotan cairan disinfektan secara serentak, Minggu.

Gubernur Riau Syamsuar memimpin langsung kegiatan penyemprotan disinfektan di halaman Rumah Dinas Bupati Kampar, Ahad, dalam acara yang dihadiri oleh para pejabat pemerintah daerah dan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

"Kegiatan penyemprotan ini secara serentak di beberapa kabupaten/kota yang menerapkan PSBB," katanya.

Di Riau, PSBBdilaksanakan di enamdaerah yakni Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, Siak, dan Kampar. Hingga Minggu (17/5) siang, jumlah kumulatif kasus positif COVID-19 di Riau tercatat 95 kasus.

"Sejak ada pasien positif (terinfeksi virus)corona di Riau, kita sudah melaksanakan pembatasan sosial dengan harapan dapat mencegah penularan virus tersebut," kata Gubernur Riau.

Dia juga menekankan pentingnya kepatuhan warga menjalankan protokol kesehatan danmenjaga kebersihan dalam upaya menanggulangi penularanCOVID-19.

"Kalau kita patuh dan taat, virus itu tidak akan berkembang di Riau," ia menambahkan.

Syamsuar menyampaikan bahwa PSBB merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penularan virus coronapenyebabCOVID-19.

"Boleh bekerja, boleh pasar buka, tapi dibatasi, kegiatan lainnya juga begitu. Dibatasi jarak antar masyarakat dan taat kepada protokol kesehatan," katanya.

"Apapun kebijakan pemerintah untuk rakyatnya, supaya rakyatnya tidak ikut tertular," ia menambahkan.

Dalam kegiatan penyemprotan disinfektandi Kampar, Syamsuarjuga memberikan bantuan berupa 2.000 masker dan cairan pembersih tangankepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas Kabupaten Kampar.

Baca juga: Belum ada lonjakan penumpang di Bandara Pekanbaru hingga H-9 Lebaran

Baca juga: PSBB lima daerah di Riau mulai berlaku 15 Mei sampai 28 Mei, begini penjelasannya

Baca juga: 60.625 KK di Pekanbaru akan terima paket sembako sebelum Lebaran, begini penjelasannya