LAM Riau : Ayo peduli tetangga, jangan sampai ada yang kelaparan

id Ketua umum lam,LAM Riau, LAMR

LAM Riau : Ayo peduli tetangga, jangan sampai ada yang kelaparan

Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar di Pekanbaru, Rabu (29/4). (Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesetiakawanan sosial dengan memperhatikan dan membantu warga lainnya, terutama tetangga dekat yang terkena dampak pandemi COVID-19.

"Kita memaklumi sebagai akibat bencana pandemi COVID-19 ini banyak masyarakat mengalami kesulitan memenuhi keperluan hidup sehari-hari. Selain memang karena kemiskinan juga karena kehilangan mata pencarian, termasuk adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) atau dirumahkan," kata Ketua Umum LAM Riau Datuk Seri Syahril Abubakar di Pekanbaru, Rabu.

Syahril mengingatkan agar tidak sampai ada keluarga di Riau yang tidak makan gara-gara ekonomi sulit akibat pandemi COVID-19.

"Jangan sampai karena kelaparan atau keterlambatan memberikan bantuan kepada tetangga kita yang susah timbul kejadian atau hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Syahril berharap kepada masyarakat jika ada menemukan tetangga yang kondisinya memprihatinkan, karena ketiadaan makanan agar segera membantunya atau memberitahukan kepada Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) setempat. Ataupun kepada pemerintah di tingkat kelurahan atau kecamatan.

Baca juga: LAMR kumpulkan data masyarakat hukum hutan adat

Kata Syahril, memberikan bantuan kepada sesama telah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Melayu Riau sejak lama. Dia memberi contoh bagaimana kaum ibu menyisihkan sebagian kecil beras sebelum ditanak lalu beras dikumpulkan untuk disedekahkan kepada warga lainnya yang miskin.

"Hal ini sejalan dengan ungkapan adat Melayu yang menyebutkan hidup sebangsa rasa merasa, hidup senegeri beri memberi, hidup sedesa menimbang rasa, hidup sekampung tolong menolong, hidup sedusun tuntun menuntun, hidup sesuku bantu membantu," tukasnya.

Baca juga: LAMR Siak Kecil salurkan bantuan sembako tahap dua sebanyak 210 paket