HPN 2023, LAM Riau harap pers semakin maju

id Hpn 2023, lam riau

HPN 2023, LAM Riau harap pers semakin maju

Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil. (ANTARA/Yusuf Nasution)

Saya sangat yakin, media yang profesional, memberikan informasi-informasi yang benar,
Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil menyebut pers memiliki peran vital dalam mengawal pembangunan di daerah Riau.

"Kehadiran pers memberi kontribusi besar dan memiliki peran sangat vital dalam mengawal pembangunan, termasuk di Riau perkembangan pers hari ini luar biasa," kata Datuk Taufik, di Pekanbaru, Kamis kemarin, saat diminta tanggapannya terkait Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

Datuk Taufik menilai pers sebagai pilar ke empat demokrasi, harus dapat menyuguhkan sebuah informasi yang membuat situasi keamanan dan ketertiban nasional kondusif.

Untuk itu, ujarnya, pers harus bisa mencari fakta dan menyampaikan informasi yang benar kepada khalayak karena berdampak besar kepada publik.

"Menjadi tugas pers dalam menyaring dan meluruskan informasi di media sosial yang tidak benar kepada masyarakat.

Jangan sampai masyarakat mudah terprovokasi dan mencerna informasi yang tidak benar. Pers andil dalam hal ini untuk meluruskan informasi yang tidak benar," kata Datuk Taufik.

Datuk Taufik minta agar wartawan terus meningkatkan profesionalisme dalam bekerja. "Wartawan itu harus terus menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan. Perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi berkembang pesat, wartawan pun harus adaptif menyesuaikan diri dan tanggungjawab memuliakan manusia," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pers harus terus mengawal pembangunan, memberikan informasi yang mendidik, informatif, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan serta berintegritas.

"Saya sangat yakin, media yang profesional, memberikan informasi-informasi yang benar, mendidik, selamanya akan tetap punya pembacanya sendiri, dan dicintai masyarakat," katanya.

Datuk Taufik juga berpesan agar pers dapat mencerdaskan masyarakat dengan pemberitaan positif dan edukatif yang diberikan. "Jadilah pers yang mencerdaskan masyarakat. Kedepankan integritas sehingga pemberitaan yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kemanusiaan. Pers harus semakin maju dan dicintai masyarakat," ucap Datuk Taufik.