Bupati Siak monitor penanganan COVID-19 di Kampung Temusai dan tinjau pembangunan ponpes

id Bupati siak, pondok pesantren, corona siak

Bupati Siak monitor penanganan COVID-19 di Kampung Temusai dan tinjau pembangunan ponpes

Bupati Siak Alfedri ketika meninjau penanganan COVID-19 di Kampung Temusai. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

SIAK, (ANTARA) - Bupati SiakAlfedri bersama anggota DPRD Siak Syarif keKampung Temusai, Kecamatan Bungaraya, dalamrangka rangka monitoringaudit COVID-19 sekaligus mengunjungi pembangunan pondok pesantren Nurul Mu'awanah.

Pemimpin Siak itu juga menyerahkan bantuan masker, takjil dan nasi kotak untuk berbuka kepada pengurus pondok juga kepada masyarakat melalui Penghulu Kampung Temusai.

Dalam kesempatan tersebut, dia mensosialisasikan vevisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung. Ia berharap ada "refocusing" dan realokasi anggaran dalam rangka pencegahan dan Penanganan Covid-19.

"Seperti misalnya pengadaan masker kain dua unit per warga, serta keperluan relawan, seperti hand sanitizer, thermo gun, tangki penyemprot desinfektan, fasilitas mencuci tangan, serta imbauan kepada masyarakat untuk pencegahan melalui spanduk," jelasnya.

Yang terpenting dari revisi APBKamp itu, kata Alfedri, adalah Bantuan Langsung Tunai atau BLT Dana Desa untuk masyarakat per Kepala Keluarga selama tiga bulan.

"Mari sama-sama berdoa semoga masyarakat Siak selalu dalam lindungan Allah SWT dan terhindar dari virus COVID-19," harapnya.

Kemudian bersama anggota DPRD Siak didampingi sekretaris camat dan Penghulu Kampung Temusai, Bupati meninjau lokasi pembangunan Pondok Pesantren Nurul Mu'awanah Kampung Tembusai. Dia mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk berwakaf ataupun bersedekah membantu pembangunan pondok pesantren tersebut.

Pemerintah Kabupaten Siak akan berupaya memfasilitasi pembangunan Pondok Pesantren Nurul Mu'amanah melalui Forum Tanggungjawab Sosial Perusahaan. Ia pun telah menyampaikannya kepada Bank Riau Kepri Cabang Siak untuk turut membantu.

Di kesempatan yang sama, Penghulu Kampung Temusai, Markuat mengucapkan terimakasih kepada Bupati Siak Alfedri yang telah memberikan pengarahan dan masukan terkait penanganan COVID-19. Juga sekaligus memberikan solusi bagi pembangunan Pondok Pesantren Nurul Mu'awanah di kampungnya.

"Segala masukan dan pengarahan bapak bupati terkait antisipasi penyebaran COVID-19 di kampung kita sudah kita laksanakan. Diantaranya gotong-royong massal, penyemprotan disinfektan ditempat umum dan di rumah masyarakat, pembagian masker kepada untuk ODP saat melakukan isolasi mandiri selama 14 hari juga sudah kita berlakukan, termasuk meniadakan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang untuk sementara," kata Markuat.