Warga positif COVID-19 di Papua bertambahmenjadi 75 orang

id Tambah tujuh warga positif COVID-19 di Papua meningkat jadi 75 orang,papua covid-19, corona papua

Warga positif COVID-19 di Papua bertambahmenjadi 75 orang

Jubir Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua dr Silwanus Sumule. (ANTARA/Evarukdijati)

Jayapura (ANTARA) - Warga Papua yang positif terpapar COVID-19 bertambah tujuh orang sehingga jumlah totalnya menjadi 75 orang, kata Jubir Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua dr Silwanus Sumule.

Ia mengatakan di Jayapura, Rabu malam peningkatan warga yang positif terjadi di Merauke dan Jayapura masing-masing dua kasus dan penambahan tiga kasus terjadi di Kabupaten Jayapura.

Dari 75 orang yang positif tercatat 53 orang dirawat di berbagai rumah sakit yang ada lima kota yaitu Jayapura, Sentani, Merauke, Timika dan Merauke.

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 3.423 orang dan jumlah orang dalam pengawasan (PDP) 98 orang.

Warga yang saat ini dinyatakan positif itu kondisinya sakit ringan hingga sedang dan tidak ada yang menggunakan alat bantu pernapasan, jelas Sumule.

Dr Sumule yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinkes Papua mengakui warga yang diperiksa melalui rapid tes positif belum tentu terpapar karena harus diulang melalui PCR.

Karena itu pihaknya berharap masyarakat tidak perlu takut untuk menjalani pemeriksaan dan tetap mengikuti anjuran pemerintah yakni tidak berkumpul dan keluar rumah bila tidak penting dan selalu menjaga kebersihan dengan menggunakan masker dan cuci tangan, kata dr Sumule.

Baca juga: 28 anggota Yonif 755/Yalet akan diperiksa terkait bentrok TNI-Polri

Baca juga: Kapal pesiar misterius hebohkan masyarakat Raja Ampat

Baca juga: Tim SAR cari Sekda Sarmi kecelakaan di laut