Batalyon Arhanud 13 Pekanbaru diperbantukan padamkan karhutla di Inhil

id Batalyon Arhanud 13 Pekanbaru,Kodim 0314 Inhil, Karhutla, Inhil, Tembilahan

Batalyon Arhanud 13 Pekanbaru diperbantukan padamkan karhutla di Inhil

Batalyon Arhanud 13 Pekanbaru saat tiba di Kecamatan Kateman, Kabupaten Inhil, Riau. Senin (6/4/2020). (ANTARA/Adriah)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Kodim 0314 Indragiri Hilir memberangkatkan satu satuan setingkat peleton dari Batalyon Arhanud 13 Pekanbaru guna mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Kateman.

Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal, Senin mengatakan, upaya pemadaman sudah dilakukan oleh pasukan Kodim 0314/Inhil dan Koramil 06/Kateman serta personil Polres bersama BPBD sejak beberapa pekan terakhir namun api belum dapat dipadamkan.

"Sudah beberapa minggu pasukan TNI, personil Polres dan BPBD memadamkan api namun api masih belum padam mengingat kondisi wilayah yang merupakan tanah gambut dan cuaca yang panas terik serta lahan yang terbakar cukup luas," ucap Dandim di Tembilahan.

Menyikapi hal tersebut, Dandim meminta bantuan personil ke komando atas, dalam hal ini Korem 031/Wira bima dan Korem 031/Wira Bima agar mengirimkan Satu Peleton bantuan personil kepada Kodim 0314/Inhil. "Di bawah pimpinan Letnan Dua Arh Ady S, pagi ini pasukan diberangkatkan," ucapnya.

Didampingi Pasi Intel dan Pasi Ops Kodim 0314/Inhil, Dandim memberikan beberapa penjelasan dan pengarahan kepada Letda Arh Ady S dan anggotanya di pelabuhan Pelindo 1 Tembilahan.

Dandim menjelaskan bahwa lokasi Karhutla cukup jauh dari keramaian atau pemukiman penduduk. Untuk itu dia meminta sebelum berangkat masing-masing anggota harus mempersiapkan perbekalan mengingat proses pemadaman api dilakukan mulai pagi hingga menjelang malam hari.

Dia mengatakan bahwa di Kateman sudah ada satu peleton pasukan dari Kodim 0314 Inhil dan Koramil 6 Kateman yang sedang bahu membahu bersama anggota Polres dan Polsek serta anggota BPBD dan masyarakat.

"Jalin silaturahmi yang baik dengan sesama anggota baik TNI, Polri ,BPBD maupun masyarakat, dan selalu berkoordinasi dalam setiap kegiatan," pesannya.

Dandim juga berpesan kepada seluruh anggota untuk tetap menjaga nama baik satuan dan citra TNI.

"Laksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas dengan tetap mengutamakan faktor keamanan, baik keamanan personil maupun keamanan materil dan laksanakan ketentuan COVID-19," pungkasnya.

Lurah Tagaraja, Kecamatam Kateman, Supiansyah mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI, Polri dan BPBD serta masyarakat yang selama ini telah berjibaku melakukan pemadaman karhutla.

"Mewakili pemerintahan Kecamatan Kateman kami mengucapkan terimakasih tak terhingga, dan atas kerja samanya," tukasnya.

Baca juga: Dashboard Lancang Kuning Nusantara jadi rujukan penanganan karhutla, begini kata Kapolri dan Panglima TNI

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian minta TNI dan Polri perkuat pengamanan Papua


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar