Pasar Ramadhan Dumai hari Kedua Sepi Pengunjung

id pasar ramadhan, dumai hari, kedua sepi pengunjung

Dumai, 2/8 (ANTARA) - Pusat jajanan dan makanan siap saji atau Pasar Ramadhan di Kota Dumai, Riau, yang diselenggarakan pemerintah setempat melalui Kantor Pelayanan Pasar (KPP) bekerja sama dengan PT Jamsostek Cabang Dumai terlihat sepi pengunjung pada hari kedua puasa.

Pantauan ANTARA Selasa sore, di pasar "kaget" yang berada di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya depan Taman Bukit Gelanggang Pemkot Dumai itu hanya dikunjungi puluhan warga.

Selain sepi pengunjung, Pasar Ramadhan yang sebelumnya menyediakan sekitar 200 lapak, ternyata hanya diisi sekitar 150 pedagang, sementara selebihnya terlihat kosong "melompong". Masih belum jelas mengapa lapak itu tidak diminati pedagang, apakah tingginya retribusi atau lokasi yang kurang strategis.

Abadiyah, seorang pedagang di Pasar Ramadhan yang ditemui mengaku pendapatan yang diraupnya pada Ramadhan hari kedua ini menyusut cukup drastis dari sebelumnya saat puasa pertama.

"Kemarin malam omset penjualan bisa sampai Rp300 ribu, tapi sekarang karena pembeli sepi hanya dapat setengahnya atau sekitar Rp150 ribu," ujarnya.

Pedagang lainnya yang menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman siap saji di pasar yang sama juga menyatakan hal senada. "Jauh menurun mas, entah apa sebabnya hari kedua ini kok sangat sepi," kata Uni Dar, saat ditanya mengenai omzet penjulannya.

Sebelumnya Kepala Kantor Pelayanan Pasar (KPP) Dumai, Suardi, bersama dengan Kepala Satuan Kerja (Satker) Pemkot Dumai lainnya menetapkan Jalan Jenderal Sudirman sebagai lokasi Pasar Ramadhan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Dumai Nomor 511.2/KPP/2011/113 tentang penyampaian prediksi lokasi pasar Ramadhan.

SK tersebut juga menguraikan tentang biaya atau tarif retribusi penggunaan pasar Ramadhan oleh pelaku usaha. Pemerintah berharap dengan penetapan lokasi pasar Ramadhan maka keberadaan warung dadakan selama Ramadhan bisa lebih tertib.