BBPOM di Pekanbaru intensifkan pengawasan pasar Ramadan

id bbpom pekanbaru,bbpom di pekanbaru,pasar ramadhan

BBPOM di Pekanbaru intensifkan pengawasan pasar Ramadan

Petugas BBPOM di Pekanbaru sedang mengambil sambel bahan pangan di Pasar Ramadhan. (ANTARA/HO-BBPOM)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim Balai Besar POM di Pekanbaru bersama Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru mengintensifikan pengawasan pangan bahan baku takjil dan bahan pangan lainnya di beberapa pasar di Pekanbaru untuk memastikan produk pangan yang beredar aman.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pengambilan sampling pangan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya dengan pengujian empat bahan berbahaya yaitu formalin, boraks, rhodamin B dan metanil yellow pada pangan.

Kemudian tim juga melakukan pemasangan spanduk, penyebaran leaflet untuk edukasi langsung oleh petugas BBPOM di Pekanbaru kepada pelaku usaha dan konsumen yang berada di pasar Ramadan tersebut.

Dari 20 sampel pangan yang diuji menggunakan rapid test kit, tidak ditemukan sampel yang terdeteksi mengandung bahan berbahaya.

Pasar yang diawasi oleh BBPOM di Pekanbaru itu, yaitu Pasar Pagi Arengka, Pasar Ramadhan depan UNRI dan Pasar Tangor, Pasar Takjil Jalan Kereta Api, Pasar Pusat/Sukaramai, Pasar Ramadhan Jalan Bukit barisan, Pasar Kodim, Pasar Sail, Pasar Lima Puluh, Terminal AKAP dan Pelabuhan Suku Duku.

Baca juga: Waspada, cendol delima di Pekanbaru ada yang mengandung rhodamin B

Baca juga: BBPOM di Pekanbaru latih petugas pasar di Siak ketahui bahan berbahaya