Bupati Pelalawan minta perusahaan swasta sediakan wastafel portabel di fasilitas publik

id pelalawan, covid pelalawan,pemkab pelalawan

Bupati Pelalawan minta perusahaan swasta sediakan wastafel portabel di fasilitas publik

Bupati Pelalawan HM Harris. (ANTARA/HO-Pemkab Pelalawan)

Pekanbaru (ANTARA) - Untuk mengurangi penyebaran virus corona (COVID-19), Bupati Pelalawan HM Harris meminta perusahaan swasta yang ada di wilayahnya bisa menyediakan wastafel (tempat cuci tangan) portabel di sejumlah fasilitas publik yang ada.

Bupati Harris di Pangkalan Kerinci, Kamis (26/3) juga menekankan pentingnya perusahaan yang beroperasi di wilayahnya juga serius dan tidak berdiam diri dalam menghadapi masalah wabah COVID-19 karena jumlh korban terus bertambah.

Kenaikan jumlah ODP dan PDP yang cukup signifikan di Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang sudah mendunia ini menjadi perhatian serius Kepala Daerah se Indonesia khususnya juga di Kabupaten Pelalawan.

Bupati Harris sebelumnya juga sudah melihat, meninjau dan mempersiapkan ruang isolasi di beberapa rumah sakit seperti di Rumah Sakit Umum Daerah Selasih, Rumah Sakit Efarina dan Rumah Sakit Amelia Medika yang dipakai sewaktu-waktu sebagai antisipasi penanganan suspect penderita virus corona yang akan dirawat.

Pemerintah juga terus berupaya menyediakan alat pelindung diri bagi tim medis. Saat ini masih minim dan kurang APD bagi tenaga medis.

Bupati Harris mengingatkan dan menekankan adanya peningkatan orang dalam pemantauan (ODP) yang dua hari sebelumnya empat orang, sekarang sampai dengan hari ini (Kamis) telah berjumlah 12 orang.

"Ini masalah serius sudah ada kenaikan ODP dari 4 orang sekarang 12 orang. Jangan dianggap sepele, semuanya bergerak dan bekerjasama, dengan kebersamaan kita menghadapi musibah ini," ujar Bupati Harris.

Ia menambahkan peran aktif perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan untuk terlibat dalam mengatasi permasalahan ini di tengah keterbatasan APBD dan tidak hanya Pemerintah Pusat dan Daerah saja.

"Kita perusahaan yang beroperasi dalam berbagai sektor bidang banyak, yang melakukan kerjasama CSR bersama Pemkab Perusahaan seperti di bidang Perkebunan ada 36 Perusahaan belum lagi ada Perusahaan PT.RAPP dan APR yang beroperasi, kalau semua ini berperan aktif di samping imbauan kepada masyarakat tentu ini akan mudah kita hadapi bersama," papar Harris.

Bupati Pelalawan dua periode ini melanjutkan perlunya masyarakat difasilitasi dengan wastafel yang portable di tempat umum seperti Pusat kegiatan masyarakat, pusat keramaian, pasar, dan juga tempat peribadatan yakni masjid, mushala, gereja dan tempat ibadah se Kabupaten Pelalawan yang tersebar di 12 Kecamatan

"Ini penting di samping APD, masker, hand sanitizier dan bantuan lainnya karena pencegahan penularan bisa dilakukan melalui pola hidup bersih dan sehat. Dengan kebersamaan kita bisa menyelesaikan musibah ini," harap Bupati Harris.

Selain itu, Bupati juga berterimakasih terhadap perusahaan yang telah berbuat membantu pencegahan, baik penyemprotan desinfektan, bantuan hand sanitizer kepada tenaga medis dan masyarakat dalam penanggulangan wabah COVID-19 ini. (Adv)