Dana desa Bengkalis bisa digunakan cegah penyebaran virus corona, begini caranya

id Pemkab Bengkalis,dana desa,corona di bengkalis,penanggulangan corona di riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Dana desa Bengkalis bisa digunakan cegah penyebaran virus corona, begini caranya

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis Yuhelmi. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Pemerintah Desa (Pemdes) yang ada di Kabupaten Bengkalis dapat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Anggaran desa bisa digunakan khususnya pada bidang penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak untuk digunakan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona,” jelasKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis Yuhelmi, Selasa (24/03).

Sedangkan untuk kelurahan, sambung Yuhelmi, dapat menggunakan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun Anggaran 2020.

“Apabila anggaran belanja dimaksud belum tersedia, maka dapat dilakukan pergeseran anggaran menurut ketentuan peraturan perundang-undangan,” imbuh Yuhelmi.

Selain itu masing-masing Kepala Desa dan Lurah agar memantau/melacak warganya yang datang dari luar negeri dan/atau dalam negeri yang berasal dari daerah yang sedang terjadi penularan Covid-19.

"Pemantauan atau pelacakan tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan peran Kepala Dusun (Kadus), RT, RW, LPMD/K di desa/kelurahan masing-masing dengan berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di wilayah masing-masing," pintanya.

Surat tertanggal 24 Maret 2020 kata YUhelmi sudah dikirimkan juga kepada Inspektur, Bappeda dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dan Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Bengkalis.

Diharapkannya juga seluruh Kepala Desa (Kades) dan Lurah di Kabupaten Bengkalis untuk mengimbau warganya agar mematuhi Maklumat Kapolri Nomor: Mak/2/III/2020.

“Caranya tentu dengan berkoordinasi bersama Bhabinkamtibmas setempat,” ujar Yuhelmi.

Baca juga: Plh Bupati sebut ada 824 ODP Corona di Bengkalis

Baca juga: 81 warga Bengkalis di karantina, Dinsos buka dapur umum

Baca juga: 81 warga Bengkalis dari Malaysia dikarantina cegah penularan virus corona
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar