Corona kian meresahkan, Dishub Bengkalis tutup pelabuhan BSSR

id pemkab bengkalis,corona bengkalis, bengkalis corona,bengkalis

Corona kian meresahkan, Dishub Bengkalis tutup pelabuhan BSSR

Pelabuhan BSSR Selat Baru Bengkalis ditutup sementara waktu dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis Riau menutup sementara pelabuhan Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Besok, Sabtu (21/03) aktifitas di pelabuhan BSSR Selat Baru Kecamatan Bantan ditutup sementara hingga batas waktu yang tidak ditentukan," ujar Sekretaris Dishub Bengkalis Zul Asri ketika dikonfirmasi, Jumat (20/03/2020).

Ditutupnya pelabuhan BSSR merupakan instruksi dari Gubernur Riau nomor : 80/SE/2020 serta surat edaran Bupati Bengkalis nomor :91/SE/2020 tentang kewaspadaan dan pencegahan penularan Corona Virus Disease atau COVID-19

"Atas dasar ini dilakukan upaya penutupan akses masuknya orang dan barang dari luar negeri ke pelabuhan BSSR," jelas Zul Asri.

Dikatakan Zul Asri, penutupan akses ini juga telah disampaikan kepada Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina pelabuhan dan UPT pelabuhan BSSR.

"Pelabuhan BSSR merupakan pelabuhan Internasional yang melayani rute perjalanan menggunakan kapal laut Muar-Bengkalis dan Malaka-Bengkalis," jelas Zul Asri.

Ditambahkannya, sejak diberlakukan lockdown oleh Malaysia aktifitas kapal penumpang ke Bengkalis dihentikan sementara, akibatnya WNI yang ada di Negeri Jiran tersebut banyakyang pulang melalui pelabuhan BSSR.

"Langkah penutupan sementara waktu ini merupakan salah satu langkah diambil pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, apa lagi Malaysia merupakan salah satu negara yang saat ini yang juga terdampak virus corona tersebut," kata Zul Asri.

Baca juga: Plh Bupati Bengkalis instruksikan Dishub bangun ruangan pendeteksi suhu tubuh

Baca juga: RSUD Bengkalis isolasi tiga suspek corona, satu di antaranya balita