Kesehatan pasien terduga corona di Dumai mulai membaik

id Rsud dumai, corona dumai, dinkes dumai,Virus corona dumai

Kesehatan pasien terduga corona di Dumai mulai membaik

Seorang petugas mempersiapkan peralatan untuk tindakan medis pasien terinfeksi virus corono Wuhan di ruang isolasi instalasi paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai di Kota Dumai, belum lama ini. (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai, Riau, menyatakan kondisi kesehatan pasien terduga pengidap virus corona (covid-19) yang dirawat di ruang isolasi mulai membaik, ditandai suhu panas turun dan batuk sudah mereda.

Direktur RSUD Dumai Ridhonaldidi Dumai, Rabu, mengatakan, meski kondisi kesehatan mulai baik, namun pasien laki laki dewasa ini tetap dirawat intensif dalam ruangan isolasi hingga keluar hasil pemeriksaan laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Alhamdulillah kesehatan pasien sudah membaik, batuk hilang dan demam turun, tim medis juga sudah mengambil sampel untuk uji laboratorium, kita tunggu hasilnya. Semoga negatif," kata Ridho.

Menurutnya, pasien akan terus dirawat di RSUD Dumai sebelum keluar hasil laboratorium Dinkes Riau. Hingga kini belum ada rencana pasien akan dikirim ke rumah sakit di Kota Pekanbaru.

Sebelumnya, pasien ini dinyatakan terduga mengidap virus corona karena memiliki ciri-ciri penderita penyakit mematikanitu.

Pasien ini datang ke rumah sakit untuk berobat, dan setelah diperiksa ditemukan ada tanda-tanda batuk pilek dan keluar lendir dari hidung, sehingga sesuai prosedur ditempatkan di ruang perawatan intensif.

Ridho mengimbau agar masyarakat tidak resah dan panik karena pasien sudah ditangani medis sesuai prosedur dan seluruh petugas lakukan antisipasi penyebaran, namun tetap harus waspada dan menjaga kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Dumai Syaiful juga mengatakan, pasien ini dicurigai suspect Corona karena dalam dua pekan terakhir berhubungan langsung dengan awak kapal berbendera asing yang pernah singgah ke sejumlah negara terpapar Corona.

Dinkes Dumai juga melakukan pendataan orang orang terdekat pasien terduga Corona ini atau yang pernah melakukan kontak fisik untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas jika dinyatakan positif.

Awalnya pasien ini mengalami demam tinggi beberapa hari dan telah beberapa kali berobat, sampai sekarang masih demam. Saat diukur suhu tubuhnya sekitar 37 hingga 38 derajat selsius.

Baca juga: Penumpang luar negeri ke Bandara Pekanbaru menurun akibat wabah corona, begini penjelasannya

Baca juga: Antisipasi corona, RSUD Puri Husada siapkan ruang isolasi