Di sejumlah negara mereda, WHO optimistis wabah virus corona dapat dikendalikan

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,WHO, corona

Di sejumlah negara mereda, WHO optimistis wabah virus corona dapat dikendalikan

Arsip Foto - Direktur General WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada pertemuan Munich Security Conference di Jerman (15/2/2020). Tedros menyatakan optimismenya pada COVID-19 bisa dikendalikan. (REUTERS/ANDREAS GEBERT)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) DrTedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan optimismenya bahwa COVID-19 dapat dikendalikan setelah kasus infeksi virus coronabaru mereda di sejumlah negara.

Dalam pernyataannya di laman resmi WHOpada 26 Februari 2020 yang dikutip Kamis, Tedrosmengatakan bahwa14 negara yang sebelumnya melaporkan kasus positif COVID-19 tidak melaporkan satu kasus baru pun selama lebih dari satu pekan terakhir.

Baca juga: Wabah virus corona atau COVID-19 merebak di Korsel, KBRI tingkatkan upaya perlindungan WNI

Selain itu, menurutTedros, sembilan negara yang melaporkan kasus positif COVID-19 sudah tidak melaporkan adanya kasus baru setelah lebih dari dua minggu. Kesembilan negara tersebut meliputi Belgia, Kamboja, Finlandia, India, Nepal, Filipina, Rusia, Sri Lanka, dan Swedia.

"Tapi itu tidak berarti bahwa kasus-kasus itutidak bisa kembali lagi ke negara-negara tersebut. Tetapi, kasus-kasus yang terjadi sebelumnya telah dikendalikan," katanya.

Dia juga mengemukakan bahwa menurut tim gabungan antara WHO dan otoritas China epidemi COVID-19 telah mencapai puncak pada 23 Januari hingga 2 Februari 2020, dan kasus positif mulai mengalami penurunan sejak saat itu hingga sekarang.

Di samping itu, tim mendapati tidak ada perubahan signifikan dalam susunan genetik virus yang bisa menyebabkannya bermutasi. Tim mengungkapkan bahwa kebijakan yang diambil oleh otoritas China juga telah membantu menekan perkembangan virus.

Berdasarkan data dan fakta tersebut, Tedros meyakini bahwa virus COVID-19 bisa dikendalikan dengan melakukan cara-cara yang benar.

"Pesan kunci yang seharusnya memberi semua negara harapan, keberanian, dan kepercayaan diri adalah bahwa virus ini dapat dikendalikan," tegas Tedros.

Tedros mengatakan tujuan utama semua negara yang melaporkan kasus COVID-19 adalah mengendalikan penularanvirus sebagaimana yang telah dilakukan oleh sembilan negara yang belum melaporkan kasus baru selama dua minggu. Dia meminta negara-negara lain untuk melakukan hal yang sama, berusaha mengendalikannya.

Ia mengemukakan bahwa peningkatan kasus COVID-19 di luar China telah mendorong sejumlah media dan politisi mendesak pendeklarasian pandemi. Namun, menurut dia, pendeklarasian status pandemimestinya tidak dilakukan tanpa analisis fakta secara hati-hati.

"Menggunakan kata pandemisecara sembarangan tidak mendatangkan manfaat nyata, tapi menimbulkan risiko nyata dalam hal memperbesar ketakutan dan stigma tidak perlu dan tidak bisa dibenarkan, dan melumpuhkan sistem," katanya.

"Jangan salah kira: Saya tidak menganggap remeh kegentingan situasi, atau potensinya menjadi pandemi, karena itu berpotensi," ia menambahkan.

Dia mengatakan bahwa upaya pengendalian terus dilakukan dan pemantauan epidemi dilakukan sepanjang waktu dengan melibatkan para ahli internalmaupun eksternal.

"Saat ini kami tidak menyaksikan penularan virus intensif dan berlanjut dalam masyarakat, dan kami tidak menyaksikan keparahan penyakit atau kematian dalam skala besar," katanya.

Tedros juga meminta seluruh negara, yang melaporkankasus COVID-19 maupuntidak, bersiap-siap mengantisipasi potensi pandemi. WHOtelah menyiapkan perangkat bagi setiap negara untuk menghadapi itu.

Indonesia hingga saat ini belum mengonfirmasi kasus positif COVID-19. Pemerintah Indonesia sedang berupaya memulangkan warganya yang berada di Kapal Diamond Princessdi Jepang, setelah membawa pulang 188 kru Kapal Dream World dari Selat Durian ke Tanah Air.

Sebanyak 188 kru Kapal World Dream akan menjalani observasi selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu,DKI Jakarta.

Pemerintah Indonesia menyatakan sangat hati-hati dalam memulangkan warganya yang berada di Kapal Diamond Princess agar wilayah Indonesia tidak sampai episentrum baru virus COVID-19.

Baca juga: Tangkal dampak wabah virus Corona, Pemerintah diskon tiket pesawat 30 persen

Baca juga: Mengerikan, kasus virus corona di China sudah mencapai 78.064 dengan 2.715 orang meninggal


Pewarta : Aditya Ramadhan