Sebanyak 17.651 siswa SMP sederajat di Pekanbaru akan ikut UN

id Un,UN SMP,UN berbasis komputer,dinas pendidikan pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

Sebanyak 17.651 siswa SMP sederajat di Pekanbaru akan ikut UN

Sejumlah siswa SMPN 4 menumpang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 9, Kota Pekanbaru, Riau, Senin (22/4/2019). Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, dari 41 sekolah SMP sederajat negeri di Kota Pekanbaru hanya empat sekolah yang bisa secara mandiri menggelar UNBK karena punya jumlah komputer yang memadai, sedangkan 34 sekolah lainnya menumpang ke SMA, dan masih ada tiga SMP yang menggelar UN dengan kertas jawaban dan pensil. ANTARA FOTO/FB Anggoro/19. (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

 Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru menyatakan sebanyak 17.651 siswa SMP sederajat setempat akan ikut Ujian Nasional (UN) tahun 2020.

"Kita sudah daftarkan 17.651 siswa setara SMP sederajat di Pekanbaru yang akan melaksanakan UN terakhir kalinya tahun ini," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal di Pekanbaru, Senin.

Abdul Jamal menyatakan bentuk UN nya dibagi kepada dua jenis manual atau Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

"UNPK dan UNBK bagi siswa SMP sejerajat ini akan digelar April," katanya.

Dikatakan dia sekolah yang ikutUjian Nasional Berbasis Komputer yakni 45 SMP Negeri, 68 swasta serta 3 MTs Negeri dan 28 MTs swasta.

Dengan total peserta didik yang akan mengikuti UNBK setara SMP negeri dan swasta mencapai 16.960. Sedangkan yang mengikuti UNKP mencapai 691 peserta didik.

"Sementara sekolah yang masih menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil ada 24 sekolah swasta," katanya lagi.

Diterangkan dia sejauh ini persiapan sekolah untuk siswa dalam menyambut UN seperti biasanya dilakukan tryout.

"Sebelum UN, akan ada tryout yang disenggarakan sekolah dan Disdik," katanya.

Untuk persiapan peralatan UN ini, kata Jamal, tidak ada lagi kendala. Ia mengaku sudah meninjau lokasi pelaksanaan UNBK atau pun UNKP.

"Sekarang kita tinggal tryout. Kita berharap tahun ini sukses. Tahun lalu sistem UNBK, SMP Negeri baru 25 persen. Tahun ini sudah 100 persen," pungkasnya.

Baca juga: Pekanbaru akan gelar UN terakhir SMP 2020

Baca juga: 26.777 siswa SD-SMP di Rokan Hilir ikuti Ujian Nasional
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar