Banyak sekolah binaan PT RAPP dapat Adiwiyata. Ini tanggapan Dinas Lingkungan Hidup

id adiwiyata, PT RAPP,Kabupaten Pelalawan

Banyak sekolah binaan PT RAPP dapat Adiwiyata. Ini tanggapan Dinas Lingkungan Hidup

Wakil Bupati Pelalawan, Zardewan menyerahkan piagan Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten didampingi Manager CD PT RAPP, Binahidra Logiardi. (ANTARA/HO)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan Eko Novitra memberikan apresiasi kepada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) karena dalam pemberian Piala Adiwiyata 2019 yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten Pelalawan dari 14 sekolah yang mendapat penghargaan, 12 di antaranya merupakan binaan perusahaan yang berpusat di Pangkalan Kerinci itu.

Eko mengatakan, sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata tersebut telah mendapat penilaian dari Tim Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan sesuai petunjuk yang dikeluarkan oleh Menteri Lingkungan Hidup.

"Selama setahun kami melakukan penilaian," katanya kepada ANTARA, Kamis.

Kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata , menurut Eko, adalah sekolah tersebut telah memiliki ruang terbuka hijau, sistem drainase yang baik, pengolahan air bersih, penyediaan tempat sampah terpisah serta gedung sekolah ramah lingkungan.

"Kebetulan, dari banyak sekolah yang mengajukan mengikuti program Adiwiyata, sekolah binaan PT RAPP mengantoni nilai yang bagus-bagus sehingga layak mendapatkan penghargaan tersebut," ucapnya.

Namun ke depannya , Eko berharap kalau bisa seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Pelalawan bisa mendapatkan penghargaan Adiwiyata.

Kalau bisa, sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Pelalawan bisa menang di tingkat nasional, harapnya.

Adiwiyata sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah (SD, SMP, dan SMA) yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang cinta dan bertanggungjawab terhadap lingkungan hidup.

Adiwiyata sendiri berasal dari kata adi dan wiyata. Adi berarti besar, agung, baik, ideal dan sempurna, sedangkan wiyata berarti tempat seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial.

Baca juga: 12 Sekolah mitra bina RAPP lolos Adiwiyata Kabupaten

Baca juga: Seragam baru dari serat kayu untuk murid SD Pelalawan

Baca juga: Dipugar dengan dana CSR RAPP, Istana Peraduan Siak segera diresmikan