Pertamina Dumai dorong warga jadi pengrajin kain tenun

id Pertamina dumai, tenun dumai,pertamina

Pertamina Dumai dorong warga jadi pengrajin kain tenun

Pemberian oleh bantuan oleh Pertamina. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - PT Pertamina RU II Dumai jalankan program pemberdayaan masyarakat tema ekonomi kreatif konservasi kain tenun Melayu dengan mendorong dan membantu pelatihan bagi pengrajin pemula dan mesin tenun bagi Rumah Tenun Wan Atiqah Kecamatan Dumai Selatan.

Pjs Unit Manager Comm Relations & CSR Pertamina RU II Didi Andrian Indra Kusuma di Dumai, Senin, menyatakan program ini kerjasama dengan Pemkot Dumai berdasarkan aspirasi dan surveiyang melibatkan kelompok masyarakat yang tergabung Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) binaan.

"Program ini diluncurkan awal Tahun 2020 dan ditandai dengan pelatihan tenun kelas pemula berlangsung pada 27 Januari hingga 1 Februari 2020," kata Didi, Senin.

Pelatihan tenun bertajuk Penguatan Kapasitas Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif di Kelurahan Tanjung Palas ini diikuti ini diikuti 10 anggota Kelompok Tenun Palas Gabungan Kelompok Mitra Persada, dengan usia produktif hingga lansia, dan, penyerahan seperangkat alat tenun, diharap dapat menambah keterampilan untuk menumbuhkan wirausaha baru pada bidang kerajinan tenun.

Ke depan, berbagai program pendampingan tetap akan dijalankan seperti pelatihan lanjutan, pendampingan pemasaran hingga pengurusan izin usaha.

Kain tenun salah satu kerajinan tradisional khas Riau, dan dahulu hanya digunakan para bangsawan. Namun, mengikuti perkembangan zaman dan meningkatnya kesadaran pelestarian kerajinan lokal, warga mulai menggunakan kain tenun di setiap kesempatan formal, baik di lingkungan pemerintah dan swasta

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB Kota Dumai Yusrizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pertamina RU II yang telah mendukung pemerintah dalam program pemberdayaan kampung KB.

Kelurahan Tanjung Palas merupakan kelurahan di Kecamatan Dumai Timur yang terpilih sebagai Kampung KB yang menjadi fokus pembinaan salah satunya melalui program UPPKS.

Sebelumnya fokus program Kampung KB di Kecamatan Dumai Kota melalui transformasi Kampung Narkoba Kelurahan Laksmana menjadi Kampung KB Terbaik Kedua Tingkat Nasional, pada tahun 2020 ini.

"Kelurahan Tanjung Palas akan menjadi Kampung KB yang akan dikembangkan melalui berbagai program. Sejalan dengan itu, kami mengapresiasi langkah Pertamina memilih kelompok UPPKS sebagai mitra binaan, dan semoga program dijalankan dapat konsisten dan memperoleh hasil optimal," ujar Yusrizal.

Baca juga: Kembangkan potensi wisata, Pertamina RU II Sungai Pakning kunjungi Yogyakarta