Sekretariat DPRD Riau diminta tertibkan akses kunjungan tamu ke gedung dewan

id Dprd Riau

Sekretariat DPRD Riau diminta tertibkan akses kunjungan tamu ke gedung dewan

Ketua Komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto (Antara/Diana Syaf)

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto meminta Sekretariat dewan segera membenahi seluruh aktivitas yang ada di kantor DPRD Riau. Termasuk yang menjadi sorotan adalah longgarnya keamanan gedung yang menyebabkan lalu lintas kunjungan begitu bebas dan tidak tertib.

Padahal Gedung Wakil Rakyat ini merupakan objek vital yang harus dijaga untuk melindungi aktivitas dewan, staf, pengunjung dan dokumen-dokumen penting yang ada di sana.

"Jangan kan kita, orang luar saja memandang lalu lintas di DPRD ini sudah tak ada aturan lagi. Mana yang tamu, mana orang dengan kepentingan lain, mana yang staf, semua tak ada bedanya," ucap Ade Agus Hartanto di Pekanbaru, Senin.

Sebelumnya, beberapa tahun yang lalu gedung DPRD Riau pernah digegerkan atas temuan alat hisap sabu dan adanya ancaman serangan teroris yang ditujukan ke gedung tersebut. Menurut Ade, ini juga menjadi perhatian, agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Pintu masuk terlalu banyak,

Kalau terlalu longgar tentu bisa saja menjadi masalah di kemudian hari,

ketika ada temuan di lingkup gedung dewan," paparnya.

Politisi PKB Riau ini menyebutkan penertiban akses kunjungan ini juga bertujuan memudahkan masyarakat karena selama ini masyarakat, banyak mengeluh kebingungan saat berada di gedung dewan.

"Fungsinya untuk kita semua, bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi, menyampaikan pengaduan-pengaduan dan lainnya, bisa terlayani dengan baik dan maksimal," ucap Ade.

"Banyak masyarakat dan konstituen kita terlihat kebingungan saat mengunjungi gedung ini. Tidak tau bertanya kemana, tidak ada satupun staf yang menjaga setiap pintu masuk," sambungnya.

Ade meminta, Sekretariat Dewan melalui bagian umum untuk segera membenahi persoalan ini. Menurutnya, sekretariat harus berbenah diri dan segera menujukan kinerja pada tahun 2020 ini.

"Ini juga merupakan hearing Komisi I dengan Sekretariat Dewan. Ini kan gawaian kabag umum. Karena sekarang kabag umunya baru, beliau harusnya sudah mempunyai rancangan dan pemikiran mengenai keamanan, baik dari luar gedung sampai ke dalam gedung itu sendiri, ini juga demi keamanan dan kenyamanan orang-orang yang berkunjung ke DPRD," sebut Ade.
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar