Pergantian tahun, Walikota Pekanbaru imbau warga tak turun ke jalan

id Wako,tahun baru, malam tahun baru

Pergantian tahun, Walikota Pekanbaru imbau warga tak turun ke jalan

Wali Kota Pekanbaru Firdaus (kiri) berdiskusi dengan KEtua FPI Pekanbaru M Al Husni Thamrin. (ANTARA/HO-Pemkot Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Walikota Pekanbaru Firdaus MT mengajak masyarakat untuk tidak merayakan malam pergantian tahun 2020 di jalan karena dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan.

"Jadi, saya imbau masyarakat dan kawula muda untuk hindari turun ke jalan," kata Firdaus di Pekanbaru, Selasa.

Firdaus menjelaskan ramainya lalu lintas juga mengganggu keselamatan pengguna jalan lainnya.

Selain itu Firdaus mengajak masyarakat memaknai pergantian tahun dengan bersyukur, sekaligus menjadikan momen ini evaluasi diri agar lebih baik di tahun depan.

"Caranya dengan melakukan muhasabah untuk evaluasi diri. Mereka bisa melakukan kegiatan positif.

Maka hindari narkotika, pergaulan bebas hingga melanggar kaidah agama dan sosial. Lalu hindari minuman yang memabukkan," tuturnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk berkumpul di tempat yang baik. Bahkan Firdaus berencana ikut dalam kegiatan di Masjid Ar Rahman pada momen malam pergantian tahun.

"Kami gelar muhasabah bersama seluruh masyarakat di masjid paripurna kota," paparnya.

Firdaus juga ingatkan pelaku usaha hiburan untuk tidak beroperasi melewati jadwal seharusnya. Pengelola juga harus menjaga ketertiban pada malam pergantian tahun.

"Kami imbau tidak melanggar jam operasional saat tahun baru," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Front Pembela Islam (FPI) Kota Pekanbaru Muhammad Al Husni Thamrin juga berharap hal yang sama seperti yang diimbau Walikota Pekanbaru Firdaus.

FPI Kota Pekanbaru meminta pemerintah kota mengajak umat muslim tidak ikut merayakan tahun baru.

Ketua FPIKota Pekanbaru, Muhammad Al Husni Thamrin juga mengajak umat muslim tidak meniup terompet pada malam pergantian tahun. Mereka juga diajak untuk tidak berpesta di tempat hiburan.

"Sesuai perbincangan dengan Walikota, masyarakat di Pekanbaru bisa ikut dalam muhasabah pada malam pergantian tahun," ujar Muhammad Al Husni Thamrin.

HusnuiThamrinjuga mengingatkan para pengusaha hiburan untuk mentaati aturan yang berlaku. Pengelola diimbau untuk tidak membuat kegiatan yang tidak sesuai aturan

Ia mengaku miris melihat maraknya hiburan malam di Kota Pekanbaru, dan mengajak semua lapisan masyarakat ikut mengantisipasi dampak negatif minuman keras.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar