Hadiri pengukuhan pengurus LAMR Kawasan Bangko, ini pesan Sekda Rohil

id LAMR,LAMR Rohul,adat melayu

Hadiri pengukuhan pengurus LAMR Kawasan Bangko, ini pesan Sekda Rohil

Pengukuhan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Bangko dan Pekaitan masa khidmat 1441-1446 H/2019-2024 M, Rabu (11/12/2019). (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau, Surya Arfan menghadiri acara pengukuhan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kawasan Bangko dan Pekaitan masa khidmat 1441-1446 Hijriah/2019-2024 Masehi.

"Kami atas nama Pemkab Rohil mengucapkan tahniah kepada pengurus LAMR Kawasan Bangko dan Pekaitan yang telah dikukuhkan oleh Ketua Umum LAMR Rohil, Rasyid Abizar," kata Surya Arfan usai menghadiri acara pengukuhan di Gedung Pertemuan H Misran Rais Bagansiapiapi, Rabu.

Sekda berpesan kepada pengurus setelah dikukuhkan tidak hanya sampai disini, tetapi setelah ini tentunya terpikul tanggung jawab untuk melakukan pembinaan adat kepada seluruh masyarakat.

"Banyak hal yang harus dilakukan oleh LAMR ini antara lain contohnya dalam hal bertatakrama bagaimana sikap seorang anak terhadap orangtua dalam rumah tangga, bagaimana orangtua terhadap anak, bagaimana anak-anak terhadap keluarga," katanya.

Ia juga berharap kepada pengurus yang baru dikukuhkan agar terus bekerja dalam rangka untuk melakukan pembinaan-pembinaan kepada masyarakat dan generasi muda.

"Sekali lagi saya mengucapkan selamat, semoga LAMR Rohil di bawah kepemimpinan Datuk Rasyid Abizar beserta jajaran akan semakin maju ke depan, ditopang oleh LAMR yang ada di kawasan yang ada di kecamatan masing-masing," demikian Surya Arfan.

Ketua LAMR Kabupaten Rohil, Rasyid Abizar mengharapkan kepada pengurus yang baru dikukuhkan agar menyatukan barisan.

"Buatlah semacam kegiatan-kegiatan yang kreatif dan inovatif untuk membangkitkan nilai-nilai luhur budaya kita khususnya melayu di bumi Rohil ini. Bangkitkan semangat-semangat adat kita, mudah-mudahan adat kita tidak lekang di panas dan tidak lapuk di hujan," ujarnya.

Baca juga: LAMR kumpulkan data masyarakat hukum hutan adat

Baca juga: LAMR nyatakan akan dampingi Ustaz Somad di kasus "salib"