420 siswa dan mahasiswa Riau raih beasiswa RAPP, begini penjelasannya

id Beasiswa, RAPP,beasiswa di riau,berita riau antara,berita riau terbaru

420 siswa dan mahasiswa Riau raih beasiswa RAPP, begini penjelasannya

420 siswa dan mahasiswa Riau yang meraih beasiswa dari PT RAPP berfoto bersama dengan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Direktur PT RAPP Rudi Fajar serta unsur perwakilan pemerintah dan perusahaan lainnya. (ANTARA/Anggi Romadhoni)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 300 siswa SMAsederajat dan 120 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Provinsi Riau berhasil meraih beasiswa Program Pendidikan Community Development PT Riau Andalan Pulp and Paper(RAPP).

"Syarat (penerima) dari beasiswa ini kita fokuskan kepada siswa dan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi," kata Direktur Community Development PT RAPP BR Binahidra di Pekanbaru, Rabu.

Ia menjelaskan 300 siswa SMA sederajat yang menerima beasiswa itu berasal dari 50 sekolah di lima kabupaten di Riau. Lima kabupaten itu merupakan wilayah operasional perusahaan produsen fiber, pulp dan kertas terkemuka di dunia tersebut. Di antaranya adalah Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelalawan, Kuantan Singingi, Kampar dan Siak.

Sementara 120 mahasiswa penerima beasiswa yang berjalan sejak 1999 itu berasal dari 12 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dari seluruh wilayah Bumi Lancang Kuning, Riau.

Baca juga: Diskes apresiasi RAPP jadi perusahaan peduli pekerja perempuan

Hingga kini, dia mengatakan lebih dari 5.000 siswa dan mahasiswa Provinsi Riau mendapat manfaat besar program beasiswa pendidikan dari PT RAPP. Ke depan, program serupa akan terus dilaksanakan dan diperluas.

"Total yang kita berikan sekitar 5.000 beasiswa. Mudah-mudahan ini sesuai harapan kita memberikan investasi pengembangan generasi muda, baik pribadi, keluarga maupun berkontribusi memajukan negeri kita," ujarnya.

Selain memberikan beasiswa, ia menjelaskan program ini juga terus dikembangkan dan menyasar peningkatan kualitas tenaga pendidik hingga peningkatan akreditasi institusi pendidikan.

"Karena tujuan program ini adalah kontribusi pada peningkatan angka partisipasi sekolah, menurunkan angka putus sekolah sehingga mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan," tuturnya.

Direktur PT RAPP, Rudi Fajar mengatakan program beasiswa pendidikan merupakan kontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada tujuan nomor empat, yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat.

“Program beasiswa ini menjadi salah satu program unggulan. Dengan adanya beasiswa, kami mendukung upaya pemerintah meningkatkan akses pendidikan. Perusahaan tidak ingin para siswa yang berdomisili di sekitar daerah operasional putus sekolah,” ujar Rudi.

Ia memastikan pihaknya akan terus menjalin kolaborasi dengan pemerintah, mulai dari tingkat desa dan sekolah untuk menjaring dan mencari siswa yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk menunjang pendidikan mereka, sekaligus meningkatkan prestasi belajar.

Baca juga: Raih penghargaan perusahaan peduli perempuan, RAPP diharap bisa tularkan ke perusahaan lainnya

Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar